13 Tips Diet Cepat Kurus Tanpa Olahraga yang Dapat Dicoba

0
49
Tips Diet Cepat Kurus Tanpa Olahraga

Mempunyai tubuh yang ramping merupakan impian bagi banyak orang. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha untuk membentuk tubuh dengan berbagai upaya seperti mencoba berbagai diet  dan olahraga. Olahraga dipercaya dapat membantu proses pembakaran lemak dan membentuk otot sehingga membantu proses diet. Namun ternyata, diet untuk kurus juga bisa dilakukan tanpa olahraga. Berikut ini adalah tips diet cepat kurus tanpa olahraga yang dapat dicoba:

1. Meletakkan Buah-Buahan di Meja Makan

Tidak disangka, meletakkan buah-buahan diatas meja dapat membantu diet. Alasannya, buah-buahan diatas meja akan memberi sugesti untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat.  Trik ini tidak hanya berlaku untuk buah-buahan asli saja, melihat foto buah-buahan pun juga akan memberi efek sugesti yang sama. Coba siasati dengan mengikuti akun-akun instagram yang memajang foto buah-buahan dan makanan sehat lainnya.

2. Menikmati Makanan Tanpa Terganggu Oleh Gadget

Makan dengan ditemani gadget mungkin adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut agar berat badan dapat diturunkan. Memakan makanan dengan gadget akan membuat otak fokus pada gadget dan tidak menangkap sinyal “sedang makan”. Maka dari itu, seringkali orang yang memakan sambil melakukan hal lain cenderung lebih mudah lapar. Nikmati setiap gigitan dari makanan yang dimakan sehingga berat badan juga akan terjaga.

3. Mengawasi Kadar Kalori Makanan Yang Dimakan

Agar cepat kurus, mengawasi kalori dari makanan sehari-hari sangatlah penting. Seringkali orang tidak sadar memakan makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak dan tanpa olahraga. Hal tersebut dapat membuat perut menjadi tambah buncit dan berat badan bertambah. Maka dari itu, usahakan makan dengan kalori yang cukup diperlukan oleh tubuh. Selalu ketahui berapa jumlah kalori makanan yang akan dimakan dan batasi apabila sudah cukup.

4. Mengganti Cemilan dengan Kacang-Kacangan

Sering mengemil dengan camilan manis? Sebaiknya ganti semua coklat dan makanan manis lainnya dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti almond, mede dan lain-lain mengandung serat yang tinggi juga vitamin yang diperlukan tubuh. Saat ini sudah banyak kreasi cemilan kacang-kacangan, sehingga tetap nikmat dijadikan cemilan tanpa perlu risau.

5. Minum Dari Gelas yang Tinggi

Tips untuk diet cepat kurus tanpa olahraga ini memang cukup unik. Namun, cara ini cukup efektif bagi yang suka minum minuman manis. Sebagian besar kalori yang dibutuhkan tubuh biasanya sering terpenuhi dari kalori minuman. Seperti segelas Mocha Frapucchino mengandung sekitar 400 kalori dan 61 gram gula.

Hal itu dapat dikurangi dengan memilih gelas yang tepat. Orang akan cenderung menuang air 20% sampai 30% lebih sedikit ke dalam gelas tipis panjang, daripada ke gelas pendek. Maka dari itu, minum minuman yang manis bisa dikurangi dan kalori tubuh tetap terjaga.

6. Mandi Dengan Air Panas

Mandi dengan air panas tidak hanya bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan stress. Mencoba Mandi air panas juga merupakan salah satu tips diet cepat kurus tanpa olahraga yang dapat dicoba. Menurut sebuah studi dari Loughborough University, satu jam mandi air panas dapat membakar sekitar 130 kalori. Kalor yang dibakar tersebut setara dengan berjalan kaki santai selama 30 menit. Tidak hanya membakar kalori, gula darah akan turun sebanyak 10 persen saat mandi air panas.

7. Tidur yang Cukup Selama 7 Jam

Kurang tidur  juga dapat membuat berat badan bertambah. Sebuah artikel majalah Nature Communications menyatakan, orang yang tidur kurang dari 6 jam akan lebih sering mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Selain itu, kurang tidur akan membuat hormon menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan masalah tubuh lainnya.

Cukup tidur dapat membantu meningkatkan hormon leptin yang mengatur rasa kenyang. Selain itu, cukup tidur 7 jam setiap hari dapat membantu menurunkan hormon ghrelin yang merangsang lapar. Maka dari itu, usahakan tidur cukup dan jangan berlebihan dari 8 jam

8. Jangan Memusuhi Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memenuhi nutrisi dan energi untuk memulai aktivitas. Menunda sarapan akan membuat metabolisme tubuh menjadi lambat dan kurang bersemangat untuk memulai aktivitas. Efek lain dari menunda sarapan yaitu  akan makan lebih banyak atau memilih makanan junk food sebagai makan siang.

Sebaiknya pilih menu sarapan yang berserat tinggi dan berkalori sedikit. Menu yang dapat dipilih dapat berupa roti gandum utuh, oatmeal, buah-buahan, dan lain-lain. Menu ini akan membuat kenyang lebih lama dan semangat menjalani aktivitas.

9. Memotong Makanan Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

Tips ini cukup efektif untuk “menipu” otak dengan memberi kesan bahwa makanan di piring lebih banyak daripada yang sebenarnya. Trik ini membuat lebih cepat kenyang saat makan sehingga tidak makan terlalu banyak . Selain itu, trik memakai piring kecil dan makan dengan sumpit juga dapat dicoba. Dua trik itu memiliki efek sama dengan memotong makanan lebih kecil.

10. Meminum Teh Hijau

Minuman teh hijau juga menyimpan manfaat besar untuk menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung senyawa kafein dan katekin yang merupakan duet ampuh untuk membakar lemak. Secangkir  teh hijau mengandung 120- 320 miligram katekin dan 10-60 miligram kafein.

Teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5 persen. Setiap 100 miligram teh hijau dapat membakar kalori hingga 90 kalori. Untuk memperoleh manfaat teh hijau, kurang lebih membutuhkan 5-6 cangkir teh hijau setiap hari. Minum teh hijau tanpa campuran apapun agar efeknya lebih bekerja.

11. Memperbanyak Asupan Protein

Protein dibutuhkan tubuh untuk membangun jaringan otot. Tubuh pun membutuhkan energi lebih banyak untuk dapat mencerna protein. Untuk itu, tubuh perlu membakar lebih banyak kalori agar menghasilkan lebih banyak energi.

Maka dari itu, mengkonsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh tiga kali lebih efektif dari karbohidrat dan lemak. Konsumsi protein rendah lemak dapat menjadi pilihan. Menu yang dapat dipilih dapat berupa daging dada ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, dan lain-lain.

12. Duduk di Ujung Meja Makan

Tips diet cepat kurus tanpa olahraga ini efektif saat menghadiri jamuan makan malam atau acara lainnya. Pasti amat sulit menahan keinginan untuk mengkonsumsi segala makanan pesta yang nikmat.  Dengan memilih duduk di ujung meja makan, makanan biasanya akan sulit dijangkau. Maka dari itu, kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan pesta yang berkalori tinggi dapat berkurang.

13. Ganti Minuman Manis Dengan Air Putih

Sebuah studi dari Stanford Prevention Research Center menyatakan bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Minum air putih  minimal 4 gelas per hari juga gantilah minuman manis seperti soda atau jus kemasan dengan air putih. Air putih juga akan memberikan efek kenyang sehingga akan mengurangi makan. Air putih juga sangat penting untuk mendukung semua proses di tubuh sehingga lebih menyehatkan.

Demikian pemaparan dari tips diet cepat kurus tanpa olahraga yang dapat dicoba. Semoga artikel tentang tips diet cepat kurus tanpa olahraga ini dapat membantu proses menurunkan berat badan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.