Tips Agar Cepat Melahirkan di Usia Kandungan 38 Minggu
Kehamilan yang sudah memasuki usia 38 minggu merupakan usia kehamilan yang sudah memasuki masa trimester yang terakhir. Pada usia kandungan 38 minggu, calon ibu sering mengalami tanda-tanda melahirkan seperti kontraksi. Banyak sekali para calon ibu yang merasa gelisah dan khawatir saat memasuki usia kandungan 38 minggu. Namun para calon ibu tidak perlu khawatir karena dalam penjelasan kali ini akan memberikan beberapa informasi mengenai kehamilan dan tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu.

Perkembangan Bayi dalam Kandungan Saat Memasuki Usia 38 Minggu

Pada saat kandungan memasuki usia 38 minggu, maka bayi yang ada dalam kandungan tersebut sedang mempersiapkan tubuhnya untuk dilahirkan ke dunia. Perkembangan otak bayi juga akan terus berkembang walaupun bayi sudah akan dilahirkan ke dunia. Perkembangan otak yang terjadi pada usia kehamilan 38 minggu adalah otak akan mengatur fungsi pada tubuh seperti pernafasan, pencernaan dan sirkulasi.Saat kehamilan memasuki usia 38 minggu, maka bayi akan mempersiapkan organ tubuhnya agar  siap untuk menjalankan tugasnya saat si bayi lahir. Pada saat itu paru-paru bayi juga akan selalu menghasilkan zat kimia yang bernama zat surfaktan. Zat kimia tersebut berfungsi untuk menjaga kantung udara yang menempel satu sama lain dan akan digunakan bayi saat sudah mulai bernafas. Pada saat kehamilan memasuki usia ke 38 minggu, sistem pencernaan pada bayi juga sudah mulai aktif. Sistem pencernaan tersebut akan menghasilkan mekonium yang nantinya akan dikeluarkan bayi yang baru lahir. Meconium adalah feses pertama yang dikeluarkan bayi baru lahir.

Tanda-Tanda Melahirkan di Usia Kandungan 38 Minggu

Saat ini sebagian besar ibu hamil di Indonesia masih belum tahu dengan tanda-tanda melahirkan. Dengan kurangnya wawasan dan pengetahuan tentang kehamilan, maka akan membuat para ibu hamil cemas dengan kelahiran si buah hati. Maka dari itu untuk menghilangkan kecemasan tersebut, berikut adalah beberapa tanda-tanda kelahiran di usia 38 minggu:

1. Bayi Merosot Turun

Biasanya ibu hamil akan merasa jika bayinya merosot turun pada saat sudah mendekati hari perkiraan lahir atau HPL. Hal tersebut akan terjadi pada setiap ibu hamil yang sudah mendekati hari kelahiran. Ibu hamil akan merasakan hal tersebut sekitar seminggu sampai 4 minggu sebelum melahirkan. Para ibu hamil tidak perlu khawatir saat bayi merosot turun ke panggul, karena pada saat itu bayi sedang mengatur ulang tubuh dan memposisikan kepalanya ke arah bawah. Saat bayi merosot kebawah, maka nantinya akan meringankan tekanan pada diafragma. Jadi nantinya ibu akan mudah bernafas saat melahirkan si buah hati.

2. Leher Rahim Terbuka

Saat kehamilan sudah berusia 38 minggu maka tanda kelahiran yang akan muncul adalah leher Rahim yang mulai terbuka. Terbukanya leher Rahim tersebut terjadi pada minggu-minggu terakhir sebelum melahirkan. Leher Rahim akan terbuka secara perlahan seiring adanya kontraksi pada Rahim. Untuk para ibu hamil yang cemas akan kelahiran si buah hati, alangkah baiknya untuk mengikuti tips-tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, nantinya para ibu hamil tidak akan cemas dan khawatir saat melahirkan.

3. Diare, Mual Dan Muntah

Saat hari persalinan sudah dekat, maka tubuh akan memproduksi hormone yang berguna untuk memudahkan persalinan. Selain itu, hormon tersebut nantinya juga akan membuat usus akan bergerak lebih aktif. Hal tersebut nantinya akan dapat membuat ibu hamil sering bolak-balik ke kamar mandi karena muntah dan diare.

4. Kram Perut Dan Nyeri Pada Punggung

Menjelang hari persalinan, maka ibu hamil akan merasakan kram pada perut dan nyeri pada punggung. Biasanya ibu hamil juga akan merasakan nyeri pada paha saat sudah mendekati hari persalinan. Selain itu ibu hamil yang akan melahirkan juga akan merasakan otot dan sendi yang mulai tegang.

5. Terdapat Cairan Keputihan Yang Kental Dan Berwarna Kemerahan

Tanda yang satu ini merupakan tanda jika persalinan sudah sangat dekat. Jika dari vagina keluar sebuah cairan seperti keputihan namun memiliki tekstur yang kental dan berwarna kemerahan, maka segeralah bersiap untuk melakukan persalinan. Keluarnya cairan tersebut disebut Bloody Show yang disebabkan oleh lapisan lender pada leher Rahim yang terlepas.

Tips-Tips Agar Cepat Melahirkan di Usia Kandungan 38 Minggu

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat diidam-idamkan semua pasangan di dunia ini. Selain itu melahirkan juga merupakan suatu momen yang paling ditunggu-tunggu. Sebelum melakukan persalinan pasti seorang ibu hamil sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Ibu hamil juga akan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan ataupun bidan. Hampir semua ibu hamil akan merasa gelisah dan cemas saat memasuki usia kehamilan 38 minggu. Tidak perlu cemas dan gelisah, karena untuk memperlancar persalinan, berikut ada beberapa tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu

1. Perbanyak Minum Air Putih

Perlu diketahui bahwa ibu hamil sangat memerlukan banyak sekali cairan. Jadi saat hamil, sangat diwajibkan seorang ibu hamil untuk perbanyak mengkonsumsi air putih. Pada saat minggu-minggu terakhir kehamilan, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih, karena hal tersebut dapat mempercepat proses persalinan. Apabila seorang ibu hamil kurang minum air putih, maka akan berakibat susah buang air kecil. Hal tersebut nantinya juga akan mengakibatkan kandung kemih menjadi penuh dan menutupi jalan lahir. Maka dari itu lakukanlah tips yang satu ini supaya dapat mempercepat persalinan.

2. Mengikuti Senam Hamil

Saat ini sudah banyak sekali klinik persalinan, posyandu dan rumah sakit yang mengadakan kegiatan senam hamil. Senam hamil sangat bermanfaat sekali untuk memperlancar dan mempercepat proses kelahiran. Perlu diketahui bahwa gerakan pada senam hamil dapat membantu memposisikan tubuh bayi atau janin pada jalan lahir. Selain itu, senam hamil juga dapat menstimulasi timbulnya kontraksi. Jadi mengikuti senam hamil merupakan tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu yang penting dan sangat disarankan untuk para ibu hamil. Lakukanlah senam hamil secara teratur supaya proses persalinan berjalan cepat dan lancar.

3. Mengepel Atau Mencuci Lantai Dengan Posisi Jongkok

Salah satu tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu yang sangat mudah untuk dilakukan adalah mengepel atau mencuci lantai namun dengan posisi jongkok. Para ibu hamil sangat disarankan untuk mengepel atau mencuci lantai dengan posisi jongkok. Namun saat melakukan hal itu, ibu hamil harus berhati-hat dan harus dengan perasaan yang santai. Gerakan mengepel lantai dengan posisi jongkok dapat melatih otot-otot panggul. Mengepel lantai dengan posisi jongkok dapat meningkatkan elastisitas jalan rahim, sehingga sangat membantu dalam memperlancar dan mempercepat proses persalinan.

4. Jalan-Jalan

Perlu diketahui bahwa jalan-jalan merupakan salah satu tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu. Para ibu hamil yang kandungannya sudah memasuki usia 9 bulan, sangat disarankan untuk memperbanyak jalan kaki. Perlu diketahui bahwa jalan-jalan akan membantu bayi dalam memposisikan tubuhnya pada jalan lahir yaitu posisi kepala berada di bawah. Posisi tersebut nantinya akan mengakibatkan bayi dapat masuk panggul dengan cepat dan siap untuk dilahirkan ke dunia. Ibu hamil juga sangat disarankan untuk melakukan jalan kaki saat sudah mengalami kontraksi. Hal tersebut nantinya akan dapat membantu memperlancar dan mempercepat proses persalinan.

5. Menstimulasi Puting Payudara

Untuk ibu hamil yang ingin melakukan persalinan secara normal, lancar dan cepat, maka sangat disarankan untuk melakukan tips berikut ini. Cara menstimulasi puting payudara adalah dengan memijat-mijat payudara. Hal tersebut nantinya akan dapat merangsang kontraksi secara alami pada janin. Lakukanlah tips yang satu ini 3 kali sehari selama 15 menit. Tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu ini sangat mudah untuk dilakukan di rumah. selain itu, menstimulasi puting payudara juga dapat memperlancar keluarnya ASI.

6. Berhubungan Suami Istri

Sangat disarankan sekali bagi para ibu hamil untuk melakukan hubungan suami istri pada usia kandungan memasuki trimester ketiga. Hal tersebut nantinya akan bermanfaat untuk memancing kontraksi secara alami. Berhubungan intim suami istri pada saat hamil dapat menghasilkan hormon oksitosin dan hormon prostaglandin. Perlu diketahui bahwa hormon oksitosin dapat menimbulkan kontraksi secara alami. Sedangkan hormon  prostaglandin mempunyai fungsi untuk meningkatkan elastisitas leher rahim sehingga dapat membuka lebih cepat. Namun sebelum melakukan hubungan intim suami istri, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Itu tadi merupakan beberapa penjelasan mengenai perkembangan janin, tanda-tanda kelahiran dan tips agar cepat melahirkan di usia kandungan 38 minggu yang perlu diketahui oleh para ibu hamil. Selain melakukan tips-tips di atas, para ibu hamil diwajibkan untuk selalu rutin memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan.