Senam Untuk Mengecilkan Paha dan Bokong
Sering tidak percaya diri dengan bentuk paha dan bokong terlalu besar? Atau mungkin kesulitan mencari baju yang cocok dengan postur tubuh dengan paha besar? Untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal terapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, tentu tidak dengan cara yang instan. Nah, dalam artikel ini akan memberikan solusi mengatasi hal tersebut yaitu melalui senam untuk mengecilkan paha dan bokong.

Penyebab Paha dan Bokong Membesar

Sebelum lanjut ke inti pembahasan ada baiknya kenali dulu penyebab bagian tubuh dan bokong dapat membesar. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, maka untuk kedepannya dapat lebih dicermati dan dikurangi melakukan hal-hal tersebut. Beberapa penyebab paha dan bokong membesar salah satunya  duduk yang terlalu lama. Duduk yang terlalu lama menyebabkan terjadinya tekanan terus menerus pada tubuh bagian belakang seperti bokong sehingga terjadi perluasan pada sel-sel lemak.. Selain duduk yang terlalu lama, naiknya hormon estrogen juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan penumpukan lemak dalam  tubuh. Tak hanya itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji penuh lemak, gula dan karbohidrat juga menyebabkan akumulasi lemak di tubuh bagian bawah. Apalagi jika seseorang tersebut malas bergerak dan berolahraga, hal ini tentu juga akan menyebabkan beberapa bagian tubuh membesar. Ubahlah gaya hidup yang lebih sehat, tidak hanya bermalas-malasan dirumah. Tidak ada salahnya mencoba mencari dan melakukan gerakan senam untuk mengecilkan paha dan bokong di rumah. Dengan aktif bergerak dan rajin berjalan kaki hal ini sudah dapat membakar lemak walaupun sedikit.

Gerakan Senam untuk Mengecilkan Paha dan Bokong

Terdapat beberapa bagian tubuh yang seringkali menjadi permasalahan besar bagi kaum wanita yang sangat mengutamakan penampilannya yaitu bagian tubuh bagian bawah. Misalnya seperti bagian paha, bokong dan betis yang besar karena lemak yang menumpuk terlalu banyak. Oleh karenanya, untuk mendapatkan tubuh yang ideal kembali, banyak yang berusaha keras berolahraga  seperti senam untuk mengecilkan bagian tubuh tersebut. Namun, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan maksimal ada baiknya sesuaikan dengan jenis gerakan senam yang tepat. Nah, berikut di bawah ini beberapa gerakan senam untuk mengecilkan paha dan bokong.

1. Squat

Squat merupakan salah satu gerakan senam untuk mengecilkan paha dan bokong yang paling efektif. Untuk melakukan gerakan ini, posisikan tubuh dalam keadaan berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu. Posisikan kedua tangan lurus ke depan, lalu turunkan bokong hingga bokong mendekati lantai dan tahan selama 15 hingga 30 detik. Pastikan tubuh tetap tegak lurus dan diusahakan serendah mungkin. Setelah melakukan posisi tersebut, kembalikan tubuh ke posisi semula. Ulangi gerakan senam ini sampai 10-20 kali. Squat dapat juga dilakukan dengan memegang dumbell setengah kilogram di setiap tangan untuk hasil yang lebih maksimal. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan ini adalah tahan berat badan saat menekuk lutut, titik beratkan pada jari-jari kaki dan kencangkan otot paha.

2. Lunges

Gerakan senam yang satu ini juga ampuh mengecilkan paha dan bokong. Caranya berdirilah dengan kaki selebar bahu, lalu ambil langkah besar ke depan dengan satu kaki. Kemudian tekuk lutut hingga lutut kaki yang lainnya hampir 1 inch menyentuh lantai. Setelah itu kembalikan tubuh ke posisi semula dan lakukan gerakan lunges ini hingga 10 kali secara bergantian dengan kaki yang sebelahnya. Gerakan senam seperti Lunges jauh lebih mudah, jadi sangat cock dicoba melakukannya di rumah. Jika gerakan Squat lebih terfokus untuk mengecilkan paha, maka gerakan lunges ini adalah pilihan tepat untuk mengecilkan bokong.

3. Burpees

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu Burpees. Burpees ini adalah gerakan yang melibatkan keseluruhan tubuh seperti kaki,otot dan tangan. Gerakan burpees ini sangat efektif dan ampuh untuk mengecilkan bokong. Cara melakukan gerakan ini tidak sulit, pertama berdirilah dengan tegap. Bungkukkan tubuh bagian atas dengan tangan menyentuh bagian lantai. Setelah itu tendang kaki ke bagian belakang menyerupai posisi push-up. Setelah dalam posisi push-up yang sempurna, letakkan kembali kaki ke posisi awal dan melompatlah setinggi mungkin. Ulangi gerakan ini dan lakukan tiga set 12 repetisi. Jika kesulitan untuk  melakukan push-up yang seperti ini, lakukan dengan push-up dengan lutut di lantai.

4. Step-up

Gerakan untuk mengecilkan paha dan bokong yang satu ini terbilang sangat sederhana yaitu dengan menggunakan tangga. Jika dirumah tidak terdapat tangga, gerakan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan kursi atau balok yang tingginya selutut dan permukaannya datar. Caranya melakukan gerakan step-up ini cukup sederhana yaitu dengan memanjat tangga sebanyak mungkin dalam 30 detik, lalu istirahatlah 5 menit dan kemudian diulangi lagi. Jika melakukan gerakan ini dengan tidak menggunakan tangga, berdiri lah di depan kotak atau kursi yang digunakan. Letakkan satu kaki di atas (bagian tepi) dan dorong tubuh ke depan dengan kaki. Kemudian bawa kaki yang sebelahnya ke bawah dan melangkah lagi menggunakan kaki sisi lainnya.

5. Leg Lift

Gerakan senam yang satu ini sangat efektif untuk mengecilkan paha bagian dalam. Cara melakukan senam ini cukup mudah, yaitu dengan posisikan tubuh berbaring diatas sebuah alas yang nyaman dan letakkan tangan di sampingnya. Dekatkan kedua kaki dan angkat  kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu, letakkan kembali kaki ke posisi awal dan ulangi gerakan ini hingga 10 kali atau semampunya. Gerakan senam leg lift ini dapat mengencangkan tubuh bagian bawah seperti paha dan bokong. Lakukan gerakan ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Fire Hydrant

Senam mengecilkan tubuh bagian bawah yang satu ini juga cukup mudah dan sangat efektif. Caranya, ambil posisikan tubuh seperti sedang merangkak. Pastikan lutut dan kedua tangan terbuka. Luruskan satu kaki ke belakang dan jaga posisi pinggul agar tetap tegak. Kemudian tahan posisi ini dalam detik sebelum kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Lompat Tali

Mungkin gerakan yang satu ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari.  Gerakan lompat tali juga sangat efektif dalam membakar lemak pada bagian paha dan bokong. Cara melakukannya juga sangat mudah dan pasti semua orang bisa melakukannya. Lakukan lompat tali selama 20-30 menit tiap harinya untuk mendapatkan paha yang  kencang, padat dan indah. Dengan rutin melakukan gerakan ini, dijamin bokong pun akan menyusut.

8. Sepeda Sprint

Aktivitas yang satu ini juga sudah sangat umum dilakukan, sama halnya dengan lari dan lompat tali. Lakukan aktivitas bersepeda secara rutin, bisa menggunakan sepeda biasa atau sepeda stasioner yang ada di gym.  Bersepeda sprint dengan mengayuh secepat mungkin selama 20 detik dapat mengecilkan bagian paha. Lakukan hal ini rutin tiap harinya selama 20 detik lalu istirahat selama 10 detik dan lanjutkan terus selama 4 menit. Ulangi gerakan ini senyaman dan semampunya. Itulah beberapa uraian mengenai  beberapa gerakan senam untuk mengecilkan paha dan bokong. Namun sebelum melakukan senam tersebut ada baiknya mengetahui beberapa penyebab paha dan bokong tubuh membesar. Dengan demikian setelah berusaha mengecilkan paha dan bokong nantinya, seseorang sudah dapat mencegah hal hal tersebut terjadi lagi. Dengan kata lain dapat mencegah kondisi paha dan bokong membesar lagi.