Sayuran untuk Penderita Asam Urat
Sayuran untuk Penderita Asam Urat
Ada beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat yang mudah ditemukan, baik di pasar swalayan maupun supermarket. Selain dengan melakukan pengobatan atau terapi pada dokter yang ahli dibidangnya, mengobati dengan mengatur pola makan yang baik juga harus dilakukan. Asam urat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nah dengan Mengkonsumsi sayuran yang tepat maka akan membuat nyeri akibat asam urat berangsur-angsur membaik. Sebab di dalam sayuran terdapat banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ada beberapa penyebab terjadinya asam urat dan jenis sayuran untuk penderita asam urat yang harus dikonsumsi oleh penderitanya.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat atau biasa disebut encok merupakan bentuk peradangan yang terjadi pada sendi. Hal ini diakibatkan banyaknya purin dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga mengakibatkan otot dan juga sendi terasa nyeri. Berikut ada beberapa penyebab asam urat yang perlu diketahui.

1. Minuman Beralkohol Dan Bersoda

Sering mengkonsumsi minuman beralkohol memiliki potensi untuk membuat asam urat meningkat. Minuman beralkohol memicu untuk memproduksi asam urat yang lebih banyak. Sehingga ginjal harus bekerja lebih berat agar mampu membuang asam yang dihasilkan oleh alkohol tersebut. Tidak hanya alkohol namun minuman bersoda juga merupakan salah satu penyebab meningkatnya asam urat dalam tubuh. Sebab di dalam minuman bersoda terdapat zat fruktosa yang mampu meningkatkan kadar asam urat. Kurangilah konsumsi minuman beralkohol maupun bersoda agar penyakit asam urat tidak hinggap dalam tubuh.

2. Makanan yang Terlalu Tinggi Protein

Salah satu penyebab munculnya asam urat adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki purin atau protein tinggi. Makanan yang mengandung purin atau protein tinggi adalah daging merah, jeroan, dan seafood (udang, kepiting, cumi, kerang). Boleh saja mengkonsumsi makanan-makanan diatas asalkan tidak terlalu berlebihan. Batasi konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung protein tinggi, agar tidak menyebabkan asam urat semakin meningkat.

3. Riwayat Keluarga

Cek riwayat keluarga, apakah ada keluarga yang memiliki penyakit asam urat? Sebab asam urat bisa disebabkan karena keluarga ada yang memiliki penyakit yang sama (penyakit keturunan). Jika ada keluarga yang mempunyai penyakit ini, maka potensi untuk mengalami penyakit yang sama akan terjadi.

4. Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga merupakan penyebab dari meningkatnya asam urat. Penyebabnya adalah berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung lemak dan protein yang tinggi. Sehingga metabolisme tubuh akan terganggu karena lemak yang dihasilkan dari makanan atau minuman tersebut menumpuk dalam tubuh.

Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Asam urat bisa disebabkan oleh sayuran yang memiliki kadar protein tinggi. Tapi tidak semua sayuran bisa meningkatkan kadar asam urat. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam urat. Sehingga penyakit asam urat yang diderita akan segera membaik. Berikut jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat :

1. Wortel

Sayuran berwarna orange ini merupakan sayuran untuk penderita asam urat yang baik untuk dikonsumsi. Sebab wortel memiliki kandungan protein atau purin yang terbilang rendah. Justru wortel memiliki banyak vitamin salah satunya vitamin A dan karbohidrat, yang bisa membuat tubuh menjadi sehat. Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kesehatan sendi dan mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. Wortel bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau untuk campuran masakan yang lain.

2. Brokoli

Sayur brokoli merupakan salah satu jenis sayuran untuk penderita asam urat yang memiliki kandungan serat dan vitamin C yang cukup tinggi. Selain memiliki kandungan serat dan vitamin C, brokoli juga mengandung kromium dan potasium yang bisa menurunkan kolesterol yang terdapat di dalam tubuh. Banyaknya kandungan vitamin C membuat brokoli aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

3. Kentang

Sayuran untuk penderita asam urat yang selanjutnya adalah kentang. Kentang memiliki zat anti radang atau potassium, vitamin C, vitamin B6 yang dapat meredakan nyeri atau linu akibat asam urat. Karena banyaknya kandungan baik yang terdapat dalam kentang, sayuran ini sangat pas dikonsumsi oleh penderita asam urat. Bahkan penderita kolesterol juga bisa mengkonsumsi kentang karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Kentang juga merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan purin yang rendah. Sehingga para penderita asam urat dapat mengkonsumsi kentang sebagai alternatif untuk mengobati penyakitnya.

4. Tomat

Untuk mengatasi nyeri dan linu akibat asam urat, para penderitanya bisa mengkonsumsi tomat. Rutin mengkonsumsi tomat dapat mencegah peradangan yang terjadi pada sendi. Kandungan purin yang rendah membuat tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Tomat juga memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk dikonsumsi. Diantaranya serat, kalium, zat besi, karbohidrat, mineral, dan berbagai jenis vitamin salah satunya vitamin C. Selain itu tomat juga berkhasiat untuk meluruhkan asam urat yang sudah mengkristal pada sendi.

5. Daun Seledri

Di dalam daun seledri merupakan jenis sayuran untuk penderita asam urat yang baik untuk dimakan. Karena terdapat kandungan asam folat, protasium, sulfur, klorin, asam lemak, esensial, vitamin A, vitamin B1 dan masih banyak kandungan lain yang bisa mengurangi risiko penyakit asam urat. Bahkan bisa menekan dan menurunkan kadar asam urat pada tubuh secara efektif. Jadikan daun seledri sebagai campuran masakan atau diolah menjadi jus segar untuk dikonsumsi secara rutin.

6. Timun

Sayuran untuk penderita asam urat yang baik untuk dikonsumsi adalah timun. Sebab timun memiliki kandungan purin yang rendah di dalamnya. Timun juga memiliki efek diuretik yang dapat merangsang ginjal untuk memproduksi banyaknya urine. Dari efek diuretik ini bisa mencegah munculnya batu ginjal dan menurunkan kadar asam urat. Timun juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, salah satunya adalah sterol. Kandungan ini berfungsi untuk menurunkan dan meringankan asam urat dalam tubuh manusia. Ada juga kandungan silika pada timun yang bisa memaksimalkan kesehatan sendi dan mengurangi rasa linu akibat peradangan.

7. Bayam

Sayuran hijau yang memiliki banyak vitamin di dalamnya ini sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Bayam memiliki kandungan lutein yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Walaupun bayam mempunyai banyak kandungan purin, namun bayam tetap dapat dikonsumsi oleh para penderita penyakit asam urat. Karena banyaknya kandungan vitamin yang terdapat di dalam bayam. Selain itu kandungan zat besi nya sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi, sehingga mampu mengurangi rasa nyeri pada sendi akibat asam urat.

8. Kol Ungu

Sayuran untuk penderita asam urat yang terakhir adalah kol ungu. Kandungan vitamin C, vitamin A, dan zat besi nya sangat baik untuk kesehatan sendi para penderita asam urat. Kol ungu juga bisa mengobati berbagai jenis penyakit, salah satu nya asam urat. Itulah penyebab dan beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat yang baik untuk dikonsumsi. Untuk yang tidak memiliki asam urat juga baik mengkonsumsi jenis sayuran diatas, agar mencegah timbulnya asam urat dalam tubuh. Sayuran untuk penderita asam urat ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Agar peradangan pada sendi akibat asam urat bisa berangsur membaik.