Inilah Tips dan Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan Ala Militer

Banyak orang yang bermasalah dengan berat badan karena tidak menjaga pola makan dengan benar. Makan adalah salah satu hal yang akan mempengaruhi berat badan jika dilakukan dengan salah, pola makan untuk menurunkan berat badan tentunya harus diterapkan dengan benar. Namun saat ini hal apa saja dicoba untuk menurunkan berat badan tanpa mengetahui tips dan pola makan yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan.

Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan Ala Militer

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh proporsional, pasti jawabannya tidak ada. Dari pada melakukan diet ekstrim yang tidak baik untuk kesehatan lebih baik lakukan diet ala militer. Dimana dengan diet ini pola makan akan diatur dengan baik tanpa harus dilakukan dengan ekstrim. Selain menguruskan pola makan pada diet militer mampu menyehatkan. Berikut pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer ini wajib dipahami:

1. Pola Makan Hari Pertama

Pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer yang baik dan benar dilakukan selama 3 hari berurut-turut setiap minggunya dan hari keempat dan seteruskan bisa menerapkan pola makan biasa. Tentunya setiap harinya menu makanan berbeda-beda, namun semua makanan yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 1.400 kcal. Dimana semua kalori itu sudah mencangkup sarapan, makan siang dan makan malam. Berikut pola makanan hari pertama ala militer:

Sarapan

Untuk hari pertama pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer yang baik dan benar adalah dengan makanan sehat rendah lemak. Dimana jumlah kalori sekitar 308 kalori. Berikut rincian menu sarapan hari pertama:

  • Roti gandum utuh 1 potong diolesi selai kacang 2 sdm
  • Buah pisang setengah saja
  • secangkir kopi hitam pahit atau teh tawar tanpa gula

Makan Siang

Tidak jauh berbeda dengan sarapan pagi yang terdiri dari makanan sehat rendah lemak. Pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer makan siang sekirannya harus sekitar 138 kalori saja. Berikut rincian menu makan siang hari pertama:

  • Roti gandum utuh 1 potong polos tanpa selai
  • Tuna kalengan 1/2 porsi
  • Secangkir kopi hitam pahit atau teh tawar tanpa gula

Makan Malam

Sedangkan untuk asupan makanan yang dikonsumsi untuk makan malam ala militer yang baik dan benar sekitar 619 kalori. Dimana asupannya lebih banyak dari sarapan dan makan siang. Berikut rincian menu makan malam hari pertama:

  • Daging sekitar 3 ons (daging ayam, sapi, kambing, kalkun, ikan, dan daging lainnya)
  • Kacang buncis direbus sebanyak 125 gram
  • Buah pisang setengah buah
  • Apel ukuran kecil 1 buah
  • Secangkir es krim vanila

2. Pola Makan Hari Kedua

Di hari kedua pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer yang baik dan benar tidak jauh berbeda dengan hari pertama, yang terdiri dari makanan sehat rendah lemak. Jumlah kalori harus sekitar 1.200 kcal pada hari kedua. Dapat dilihat jumlah kalori, hari kedua memang lebih rendah lagi jumlah kalorinya hari pertama. Berikut menu asupan makanan hari kedua:

Sarapan

Dilihat dari jumlah keseluruhan kalori di hari kedua yang lebih rendah, untuk itu sarapan hari kedua ala diet militer yang baik dan benar juga lebih rendah. Kalori yang harus dikonsumsi hanya sekitar 223 kalori tidak boleh lebih. Berikut rincian menu sarapan hari kedua:

  • Telur rebus 1 butir
  • Roti tawar gandum setengah potong saja
  • Buah pisang setengah saja

Makan siang

Untuk makan siang pola makannya harus memenuhi jumlah kalori sebesar 340 kalori. Berikut rincian menu makan siang hari kedua:

  • Secangkir keju cottage
  • Telur rebus 1 butir
  • Biskuit gandum tawar 5 keping

Makan malam

Pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer yang baik dan benar untuk hari kedua saat makan malam harus memenuhi kalori sejumlah 619 kalori. Berikut rincian menu makan malam hari kedua:

  • Sosis 2 buah
  • Brokoli rebus 90 gram
  • Wortel rebus 65 fram
  • Buah pisang setengah buah
  • Secangkir es krim vanila

3. Pola Makan Hari ketiga

Untuk hari ketiga menurut cara diet militer asupan kalori yang dibutuhkan jauh lebih rendah lagi, hanya sekitar 762 kcal saja. Berikut menu asupan makanan hari ketiga:

Sarapan

Kalori yang harus dikonsumsi saat sarapan yang baik dan benar ala militer adalah sekitar 232 kalori. Berikut rincian menu sarapan hari ketiga:

  • Biskuit gandum tawar 5 keping
  • Keju cheddar 1 lembar
  • Sebuah apel kecil

Makan siang

Sedangkan untuk makan siang kalori yang dibutuhkan sekitar 170 kalori saja. Berikut rincian menu makan siang hari ketiga:

  • Telur rebus 1 buah
  • Roti tawar gandum 1 potong

Makan malam

Asupan kalori pada makan malam hari ketiga sesuai pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer adalah sekitar 460 kalori. Berikut rincian menu makan malam hari ketiga:

  • Buah pisang setengah buah
  • Secangkir es krim vanila
  • Tuna 1 kaleng

Tips Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat bada ada beberapa tips yang bisa dicoba, tentunya semua hal itu harus dicari kebenarannya sehingga tidak akan menimbulkan bahaya kedepannya. Jangan sampai niat ingin kurus berakibat fatal. Berikut tips menurunkan berat badan yang baik dan benar ini bisa jadi referensi:

1. Konsumsi Lemak Baik

Sebenarnya makanan tidak semuanya buruk dan tidak semua lemak yang terkandung pada makanan tidak baik untuk tubuh. Pola makan untuk menurunkan berat badan bisa dimulai dengan tips yaitu mengkonsumsi lemak baik yang sehat, seperti buah, kacang-kacangan dan ikan.

2. Perhatikan Label Pada Makanan

Untuk mengetahui apakah lemak ataupun hal lainnya yang terkandung baik atau tidak dapat dilihat dari label yang ada pada makanan. Disana kan tertera dengan jelas kandungan apa saja yang ada, tentunya dengan hal itu bisa mengantisipasi jumlah kadar yang masuk ke tubuh.

3. Gunakan Piring Kecil Dan Minum Sebelum Makan

Ada dua hal yang bisa dijadikan tips untuk menurunkan berat badan. Yaitu dengan menggunakan piring kecil saat makan. Dimana hal itu akan menyugesti pikiran seakan jika porsi makan besar tidak akan terlihat pantas di piring, selain itu piring kecil akan terlihat cepat penuh hanya dengan sedikit makanan. Serta minumlah air putih sebelum makan, dengan begitu akan memunculkan rasa kenyang sehingga porsi makan akan berkurang.

4. Fokus Saat Makan

Saat makan usahakan fokus dan jangan melakukan pekerjaan bersamaan dengan makan. Makanlah dengan tenang dengan duduk dan serta makan perlahan tanpa memikirkan hal lainnya. Dengan melakukan hal tersebut akan menimbulkan rasa kenyang dengan cepat, berbeda saat tidak fokus, pikiran akan terbagi dan ujungnya rasa kenyang tidak akan muncul.

5. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam pola makan untuk menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi buah dan sayur. Dimana buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang kalorinya rendah, sehingga tidak akan membuat berat badan naik. Selain tidak menaikkan berat badan, makan buah dan sayur juga bisa mencegah banyak penyakit.

6. Aktif bergerak

Untuk orang yang rutinitas kerjanya selalu duduk atau diam di satu tempat harus merubahnya. Dengan aktif bergerak banyak manfaat yang didapat, sedangkan saat berdiam saja, lemak akan menumpuk. Untuk itu seseorang yang bekerja didepan laptop usahakan beri waktu rehat tubuh setiap 20 menit sekali dengan melakukan gerakan peregangan tubuh.

7. Jalan kaki

Dari pada menaiki lift dan sebagainya lebih baik gunakan kaki dan berjalanlah. Dari pada naik kendaraan ubahlah menjadi berjalan kaki ke suatu tempat dan naikilah tangga. Banyak yang mengatakan dengan menaiki tangga akan membuat umur semakin panjang. Tentunya tips itu jika diterapkan akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

8. Selektif Dalam Memilih Minuman

Jangan salah sangka jika Cuma makanan yang salah saja yang bisa menaikkan berat badan, nyatanya minuman juga banyak yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Untuk itu akan jauh lebih baik mengkonsumsi air putih dibandingkan minuman berasa lainnya. Jika ingin membuat jus, buatlah yang berbahan dasar sayur dan buah serta usahakan tanpa gula tambahan.

9. Perhatikan Pola Makan

Terakhir yang merupakan tips untuk menurunkan berat badan paling penting adalah dengan memperhatikan pola makan. Dimana usahakanlah makan di jam yang sama serta hindari makan malam. Dengan melakukan hal tersebut selain berat badan akan turun, akan menghindari penyakit seperti maag dan asam lambung.

Itulah tips dan pola makan untuk menurunkan berat badan ala militer yang baik dan benar. Pada saat melakukan pola makan ala militer selama tiga hari, jangan memakan cemilan cepat saji namun perbanyak air putih.  Setelah tiga hari diet, gunakan waktu 4 hari untuk beristirahat dan diet baru boleh dimulai pada minggu depannya lagi. Semua aturan ini harus ditaati, jangan lakukan lebih ekstrim dari ini ataupun sebaliknya.

Anda mungkin juga berminat