Penyebab Sering Bersin Di Malam Hari
Bersin biasanya diartikan sebagai tanda munculnya gangguan kesehatan. Sebuah penyakit infeksi saluran pernafasan yang biasanya muncul karena kekebalan tubuh yang turun. Namun bagaimana bila sering bersin di malam hari dan apakah itu berbahaya? Penyebab sering bersin di malam hari ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhi, dan tidak semuanya berbahaya. Pengetahuan mengenai penyebab sering bersin di malam hari menjadi sangat penting agar dapat menemukan solusi yang tepat. Penanganan yang tepat akan mencegah dari munculnya penyakit yang lebih parah. Berikut adalah hal yang menyebabkan sering bersin di malam hari:

Faktor Cuaca

Penyebab pertama munculnya kejadian bersin berulang saat malam hari adalah karena faktor dari luar tubuh, yaitu cuaca. Keadaan alam ini memang tidak bisa di kendalikan oleh manusia. Sehingga peristiwa ini memang tidak dapat untuk dihindari. Faktor cuaca yang menyebabkan timbulnya kejadian sering bersin ada dua macam. Yaitu udara yang menjadi dingin dan udara kering. Ke dua poin tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

1. Udara Lingkungan yang Dingin

Penurunan suhu yang drastis menuntut hidung sebagai pintu masuk saluran pencernaan untuk beradaptasi dengan cepat. Namun terkadang proses adaptasi ini disertai dengan munculnya bersin-bersin. Bersin yang timbul karena perubahan udara ini adalah hal yang wajar terjadi. Keadaan ini tidaklah berbahaya dan berpengaruh besar kepada kesehatan tubuh. Bila hidung sudah bisa menyesuaikan dengan suhu udara yang dingin, bersin-bersin akan hilang. Sebagai reaksi yang normal, bersin-bersin di malam hari karena menyesuaikan dengan penurunan suhu udara tidak perlu di khawatirkan. Penyebab sering bersin di malam hari karena udara dingin pasti pernah dirasakan oleh semua orang.

2. Udara Kering

Sama dengan udara yang dingin, udara kering pun dapat menjadi penyebab sering bersin di malam hari. Kelembapan yang menurun membuat lapisan dalam rongga hidung menjadi ikut kering. Lapisan penyaring udara dalam hidung menjadi tidak maksimal dalam bekerja. Dan lapisan mukosa atau lapisan yang berfungsi sebagai pengeluaran lendir pengatur dalam hidung menjadi ikut mengering. Sistem filter yang tidak sempurna membuat banyak debu dan kotoran masuk begitu saja ke dalam sistem pernafasan. Udara yang kering dapat diakibatkan oleh penggunaan AC dalam ruangan. Ac menjadikan udara menjadi tidak lagi memiliki kelembapan yang sesuai untuk saluran pernafasan. Selain menyebabkan bersin AC juga menimbulkan banyak masalah kesehatan lain bila digunakan dalam waktu yang lama.

Terjadi Reaksi Alergi

Selain karena faktor cuaca, penyebab sering bersin di malam hari disebabkan karena adanya reaksi alergi. Penyebab alergi sangat bermacam-macam, tanda alergi  berupa bersin-bersin di malam hari bisa di picu oleh kotoran dan asap rokok. Berikut ini penjelasannya:

1. Debu dari Tempat Tidur

Tidak membersihkan kamar tidur dengan benar akan sangat beresiko untuk menyebabkan tubuh sering mengalami bersin. Kotoran dalam ukuran sangat kecil, masuk kedalam saluran pernafasan melalui udara yang dihirup. Kotoran yang telah masuk akan membuat bulu halus dalam lubang hidung berusaha untuk mengeluarkannya. Proses pengeluaran kotoran dalam hidung biasanya akan dilakukan dengan cara bersin. Oleh karena itu sangat penting untuk membersihkan kamar tidur dengan benar. Saat kamar dalam keadaan bersih maka reaksi alergi dengan kotoran yang ditandai dengan sering bersin akan dapat dihindari.

2. Asap Rokok

Penyebab sering bersin di malam hari oleh reaksi alergi yang berikutnya adalah dikarenakan oleh asap rokok. Asap akan ikut terbawa oleh udara dan masuk kedalam lubang hidung. Pemilik alergi asap rokok tidak dapat menipu diri sendiri dan kontan akan segera bersin. Kemunculan asap rokok dalam kamar dapat masuk mengikuti aliran udara. Ini sangat mungkin saat kamar tidur berada di dekat keberadaan perokok aktif. Selain menyebabkan alergi berupa bersin, perokok pasif juga memiliki resiko gangguan kesehatan yang jauh lebih besar dari perokok aktif.

Adanya Tanda dan Gejala Penyakit

Faktor ketiga penyebab sering bersin di malam hari adalah adanya penyakit tertentu dalam saluran pernafasan. Ada yang bersifat ringan dan dapat diobati dengan obat rawat jalan. Namun ada pula yang harus di tangani dengan tindakan pembedahan. Penyakit-penyakit tersebut adalah di bawah ini:

1. Rhinitis Vasomotor

Penyakit pertama yaitu Rhinitis Vasomotor, vasomotor sendiri dapat diartikan sebagai sistem pengatur pembuluh darah. Sehingga dapat diartikan bahwa peradangan yang terjadi pada saluran hidung dikarenakan oleh sistem pembuluh darah yang tidak normal. Kondisi ini bisa terjadi bila memang memiliki pembuluh darah hidung sangat sensitif. Munculnya Rhinitis vasomotor bukan dikarenakan oleh alergi. Namun kondisi tertentu misal penurunan suhu ruangan. Penyakit ini umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan yang khusus.

2. Rhinitis Alergi

Rhinitis atau juga disebut sebagai peradangan, kejadian Rhinitis akibat alergi bisa mengancam semua orang. Kekebalan terhadap reagen antar individu tidak memiliki patokan yang sama. Oleh karena itu antara satu dan lain orang belum tentu mendapatkan reaksi alergi yang sama. Penyebab sering bersin di malam hari oleh Rhinitis alergi bisa disebabkan karena lingkungan yang kotor. Tidak hanya debu dan kotoran saja, bulu hewan peliharaan, serta kutu kasur dapat pula menjadi penyebabnya. Semua benda kecil ini mendapatkan perlawanan yang keras dalam tubuh manusia karena dinilai sebagai benda asing berbahaya. Sistem pernafasan berusaha untuk mengeluarkan benda-benda ini dengan car bersin. Gerakan bulu halus hidung membawa benda ini keluar dengan cara bersin.

3. Influenza

secara umum dikenal dengan sebutan penyakit pilek, jenis penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Cuaca yang ekstrim dan juga keadaan yang tidak fit membuat penyakit ini cepat menyerang. Influenza juga bersifat menular melalui kontak langsung dengan penderita, atau hanya dengan berdekatan. Gejala yang timbul seperti sering bersin, nafsu makan yang turun, dan rasa ngilu serta pegal pada persendian. Penggunaan antibiotik dapat digunakan bila flu tidak kunjung membaik. Namun penyakit ini buka merupakan kategori penyakit yang berbahaya. Dengan pengobatan ringan, istirahat yang cukup dan makanan yang terpenuhi maka akan segera dapat disembuhkan.

4. Sinusitis

Penyakit sinusitis adalah sebuah penyakit peradangan pada kelenjar sinus yang terletak di dalam saluran pernafasan. Bersin sebagai tanda dan gejala penyakit sinusitis biasanya muncul di malam dan di pagi hari. Perubahan suhu yang ekstrim memicu bersin untuk berulang. Hal ini di sebabkan karena produksi lendir dalam hidung yang berlebihan dan mengganggu sirkulasi udara dalam saluran nafas. Bersin-bersin akan muncul dalam waktu yang relatif lama. Maka perlu untuk diwaspadai jika terjadi gejala ini selama beberapa minggu berturut-turut. Akan ada baiknya bila segera memeriksakan ke tenaga medis. Ketiga faktor tersebut adalah penyebab sering bersin di malam hari. menghindari faktor pencetus dari bersin adalah jalan keluar yang terbaik. Bila kondisi sering bersin tidak membaik ada baiknya untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Saat dilakukan pemeriksaan  secara medis maka penyebab pasti akan di ketahui.