Penyebab Kesemutan Pada Tangan
Kesemutan merupakan kondisi yang pastinya pernah dialami oleh semua orang. Dalam bahasa kedokteran, kondisi kesemutan ini biasa disebut dengan parestesia. Gejala kesemutan ditandai dengan kondisi bagian tubuh seperti mati rasa, kaku dan seperti ada getaran cepat yang terasa tidak nyaman. Kesemutan biasanya paling sering menyerang bagian tangan. Penyebab kesemutan pada tangan ini sangat beragam. Mengetahui penyebab kesemutan di bagian tangan sangat penting. Hal ini perlu diketahui untuk bisa menghindari gejala kesemutan datang kembali. Gejala kesemutan sering dianggap tidak berbahaya, namun faktanya kesemutan juga bisa berada pada level berbahaya. Kesemutan juga bisa merupakan indikasi adanya masalah yang serius pada tubuh. Berikut ini akan dijelaskan penyebab kesemutan pada tangan:

1. Tangan Terhimpit Tubuh Saat Tidur

Penyebab kesemutan yang satu ini cukup sering terjadi. Pada saat tidur, kita tidak sadar dimana kita memposisikan kedua tangan. Jika ternyata posisi tangan terhimpit tubuh saat tidur, maka kemungkinan tangan untuk menjadi kesemutan sangat besar. Namun kesemutan akibat terhimpit tubuh ini tergolong kesemutan yang ringan.

2. Berbenturan dengan Benda Keras

Tangan juga bisa mengalami kesemutan jika terbentur benda keras. Benda keras ini bisa berupa siku meja, pegangan pintu, lemari dan benda-benda lainnya. Semakin parah benturan, maka semakin pariah juga kondisi kesemutan yang dialami. Jika tangan terbentur dan mengalami kesemutan, maka perhatikanlah area yang terkena benturan. Jika adanya lebam atau luka pada area tersebut, maka dibutuhkan pengobatan yang lebih intens.

3. Dehidrasi pada Tubuh

Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi juga bisa menyebabkan kesemutan pada tangan. Oleh sebab itu, apabila sedang mengalami kesemutan, perbanyaklah minum air putih. Memperbanyak minum air putih dapat membantu menghilangkan kesemutan pada tangan dengan cepat. Minumlah air putih hangat saat tangan terasa kesemutan.

4. Kekurangan Vitamin B12

Penyebab kesemutan pada tangan juga bisa dikarenakan kekurangan vitamin, khususnya vitamin B12. Vitamin B12 sangat dibutuhkan tubuh untuk mengontrol saraf. Bila tangan sering kesemutan, cobalah untuk menambah asupan vitamin B12. Vitamin B12 ini bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Saat ini juga sudah ada banyak suplemen penambah vitamin B12 yang dijual di pasaran. Jadi tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin dengan cepat.

5. Mengangkat Beban yang Terlalu Berat

Mengangkat beban yang terlalu berat juga dapat membuat tangan menjadi kesemutan. Hal ini dikarenakan otot dan saraf yang ada pada tangan menjadi tegang. Jika hal ini terjadi, segera letakkan beban yang ada pada tangan. Cobalah untuk mengurangi beban pada tangan agar kesemutan tidak terjadi lagi.

6. Terkena Paparan Zat Beracun

Paparan zat beracun seperti zat serpihan logam berat juga dapat membuat tangan terasa kesemutan. Kondisi ini biasanya dialami oleh para pekerja konstruksi yang berhubungan langsung dengan berbagai jenis logam. Paparan ini cukup berbahaya sehingga pekerja harus menggunakan pelindung yang lengkap. Jika tidak menggunakan pelindung yang lengkap, maka resiko terkena paparan ini sangat tinggi.

7. Efek Minum Obat Tertentu

Kesemutan pada tangan juga bisa merupakan akibat dari efek samping suatu obat. Setelah minum obat jenis tertentu, maka tangan akan terasa kebas dan kesemutan. Gejala kesemutan ini biasanya tidak akan lama. Namun bila kesemutan sangat parah, maka dosis penggunaan obat harus dikurangi. Jika efek samping kesemutan ini terlalu mengganggu sebaiknya hentikan penggunaan obat tersebut.

8. Kondisi Saraf Terjepit

Saraf terjepit juga bisa menyebabkan terjadinya kesemutan pada tangan. Kondisi saraf terjepit ini bisa disebabkan karena kecelakaan atau bahkan salah gerak. Jika hal ini terjadi, maka penanganan yang paling efektif adalah dengan berobat ke dokter. Saraf yang terjepit tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Jika dibiarkan terlalu lama, maka kondisi tubuh akan terus memburuk dan semakin sakit.

9. Tangan Terlalu Lelah Dalam Bergerak

Keadaan terlalu lelah juga tidak baik bagi tangan. Tangan yang terlalu lelah dapat membuat kondisi tangan menjadi kesemutan. Contoh aktivitas yang membuat tangan terlalu lelah seperti mengetik selama berjam-jam. Oleh sebab itu, berilah jeda untuk tangan ketika sedang melakukan kegiatan. Biarkan tangan beristirahat dan tidak terlalu lelah. Tangan yang terlalu lelah akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

10. Adanya Masalah pada Tulang Belakang

Tulang belakang manusia merupakan bagian yang sangat sensitif karena berkaitan dengan saraf. Jika ada masalah pada tulang belakang, biasanya ditandai dengan gejala kesemutan pada tangan. Masalah pada tulang belakang ini sangat beragam sekali penyebabnya. Salah satu penyebab masalah pada tulang belakang adalah terjatuh sehingga tulang belakang menjadi  cedera.

11. Diabetes

Banyak yang tidak tahu jika diabetes juga menyebabkan tangan sering kesemutan. Hal ini dikarenakan faktor kadar gula yang ada di dalam tubuh. Penderita diabetes lebih sering kesemutan dibandingkan orang normal. Pengobatan kesemutan pada tangan untuk penderita diabetes harus dilakukan oleh ahlinya. Proses pengobatan diabetes terbilang cukup lama dan membutuhkan kesabaran yang ekstra.

12. Adanya Infeksi Virus

Penyebab kesemutan pada tangan yang lainnya adalah infeksi virus. Berbagai jenis virus yang ada di dunia juga bisa menyebabkan gejala kesemutan. Virus ini akan mengancam kekebalan daya tahan tubuh manusia. Hal ini juga dapat menyerang saraf manusia dan membuat gangguan kesemutan. Gangguan kesemutan akibat virus semakin akan parah jika virus yang menyerang berbahaya.

13. Gangguan Jantung

Orang yang punya masalah pada jantungnya akan mudah untuk mengalami kesemutan. Jantung adalah organ yang membantu proses peredaran darah manusia. Jika ada masalah pada organ jantung, maka peredaran darah yang terjadi di dalam tubuh akan tidak lancar. Hal inilah yang dapat menyebabkan gejala kesemutan. Semakin parah kondisi jantung, maka akan semakin parah gejala kesemutan yang dirasakan.

14. Masalah Pada Ginjal

Ginjal manusia harus dijaga kesehatannya dengan baik dan benar. Jika ada masalah pada ginjal manusia, maka tangan juga dapat mengalami gejala kesemutan. Bahkan gejala kesemutan ini juga bisa semakin parah bila kondisi ginjal juga semakin memburuk. Untuk menyembuhkan gejala kesemutan ini, maka pasien harus melakukan proses penyembuhan ginjal terlebih dahulu. Jika ginjal sudah membaik maka intensitas kesemutan pada tangan juga akan berkurang.

15. Kurang Olahraga

Salah satu penyebab kesemutan pada tangan yang cukup sering ditemui adalah kurangnya olahraga. Tangan yang tidak biasa bergerak aktif akan jauh lebih mudah kesemutan. Bagaimanapun juga, anggota gerak manusia harus rajin dilatih dengan baik. Beberapa gerakan olahraga, mampu meningkatkan kesehatan tangan. Tentunya hal ini berpengaruh untuk mencegah terjadinya kesemutan. Itulah berbagai penyebab kesemutan pada tangan yang harus diketahui dan dihindari. Secara keseluruhan, kesemutan pada tangan memang merupakan indikasi bahwa ada yang tidak beres pada tubuh. Cermatlah dalam mengidentifikasi penyebab kesemutan. Jika hanya kesemutan biasa, maka jangan panik. Kesemutan biasa akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun jika kesemutan disertai rasa sakit yang hebat, maka segeralah pergi ke dokter.