Pengertian, Gejala dan Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

0
107
Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

Jika pandangan terasa kabur saat melihat suatu obyek yang jauh, itu berarti ada kemungkinan seseorang terkena penyakit mata minus. Penyakit mata minus ini sangat mengganggu aktivitas seseorang, misalnya saja saat berkendara, saat kegiatan belajar mengajar dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Untuk seseorang yang mengalami pandangan kabur saat melihat benda yang jauh, sebaiknya segera melakukan cara mengurangi mata minus secara alami. Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai mata minus.

Pengertian Mata Minus

Mata minus adalah gangguan pada mata yang diakibatkan oleh kornea yang melengkung terlalu besar. Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata tidak dapat fokus. Perlu diketahui bahwa cahaya yang tidak fokus nantinya tidak dapat jatuh tepat di retina, namun cahaya tersebut akan jatuh di depan retina sehingga mengakibatkan pandangan menjadi kabur.

Saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia mengatasi masalah mata minus dengan menggunakan kaca mata atau lensa. Namun gangguan mata minus dapat bertambah seiring berjalannya waktu jika kesehatan mata tidak selalu dijaga. Untuk dapat mengatasi mata minus agar tidak bertambah, maka segeralah lakukan cara-cara mengurangi mata minus secara alami.

Mengurangi mata minus dengan cara dan bahan yang alami akan membuat mata kembali sehat tanpa adanya efek samping. Selain itu pengobatan mata minus juga dapat dilakukan melalui jalan operasi laser mata atau operasi refraktif, namun untuk melakukan operasi tersebut tentunya akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Gejala Mata Minus

Untuk mencegah dan mengobati mata minus sebelum bertambah parah. Alangkah baiknya untuk memperhatikan gejala-gejala mata minus. Untuk seseorang yang belum tahu tanda-tanda mata minus, jangan khawatir karena berikut adalah beberapa tanda-tanda atau gejala mata minus:

  • Sulit untuk melihat jarak jauh saat mengendarai kendaraan.
  • Sering merasa tegang pada mata.
  • Mata sering merasa lelah.
  • Saat melihat benda yang berjarak jauh, pandangan menjadi kabur atau tidak jelas, sedangkan saat melihat benda yang dekat akan terlihat sangat jelas.
  • Mengucek mata berulang kali.
  • Tanpa disadari mata seringkali berkedip.

Itu tadi merupakan gejala-gejala mata memiliki gangguan mata minus atau miopi. Jika muncul gejala-gejala diatas maka segeralah untuk memeriksakan ke dokter mata atau lakukan cara-cara mengurangi mata minus secara alami.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami Dan Mudah

Memiliki gangguan mata minus memang sangatlah mengganggu aktivitas. Untuk seseorang yang mempunyai gangguan mata minus tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasi atau mengurangi mata minus. Berikut adalah beberapa cara mengurangi mata minus secara alami dan mudah:

1. Mengkonsumsi Jus Wortel

Perlu diketahui bahwa wortel sangat kaya akan kandungan beta karoten dan vitamin A. Vitamin A pada wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur, nantinya akan dapat membuat mata kembali sehat dan mata minus jadi berkurang.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi jus wortel sebanyak 2 gelas setiap harinya selama 2 bulan dapat membantu dalam mengurangi mata minus. Selain itu minum jus wortel juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

2. Mengkonsumsi Jus Buah Bit

Salah satu cara mengurangi mata minus secara alami dan mudah adalah dengan mengkonsumsi Jus buah bit secara rutin dan teratur. Perlu diketahui bahwa buah bit sangat ampuh untuk menyembuhkan mata minus yang sudah parah. Minumlah jus buah bit secara teratur dan rutin selama 1 minggu, maka akan dapat terlihat hasilnya.

3. Mengkonsumsi Jus Lidah Buaya

Konsumsilah jus lidah buaya secara rutin dan teratur selama 1 minggu lebih. Karena jus lidah buaya dipercaya dapat mengatasi masalah mata minus. Perlu diketahui bahwa lidah buaya merupakan tanaman berduri yang tergolong dalam bangsa Liliflorae. Bangsa Liliflorae sudah dipercaya sebagai tanaman dengan sejuta manfaat, salah satunya untuk kesehatan mata.

Untuk membuat jus lidah buaya, seseorang dapat menambahkan bahan-bahan herbal lainnya seperti madu, lemon ataupun kenari. Sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang telah merasakan khasiat dari juas lidah buaya yang berguna untuk mengurangi mata minus.

4. Mengatasi Mata Minus Dengan Menggunakan Lilin

Banyak sekali penderita mata minus yang telah melakukan penyembuhan dengan menggunakan lilin. Karena cara yang satu ini sangat terbukti ampuh dalam penyembuhan mata minus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, alangkah baiknya untuk melakukan cara ini dengan tepat, rutin dan teratur.

Langkah yang harus dilakukan untuk penyembuhan mata minus dengan menggunakan lilin yaitu pertama-tama nyalakan lilin kemudian tataplah lilin tersebut selama beberapa menit. Dalam menatap lilin, usahakanlah jangan sampai berkedip.

Lakukanlah langkah tersebut secara berulang-ulang sampai air mata keluar. Apabila air mata sudah keluar, maka berhentilah menatap lilin tersebut dan teruskan cara tersebut keesokan harinya. Untuk hasil maksimal, lakukanlah cara mengurangi mata minus secara alami dengan menggunakan lilin ini secara teratur dan rutin.

5. Mengatasi Mata Minus Menggunakan Daun Sirih

Perlu diketahui bahwa saat ini daun sirih dipercaya sangat ampuh dalam mengurangi gangguan mata minus atau miopi. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat pada daun sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Kandungan yang terdapat pada daun sirih adalah minyak esensial yang terdiri dari sineol, kavikol, eugenol, kadinen dan karvakol.

Selain itu daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari gula, pati, zat samak, diatase, kavikol dan seskuiterpen. Perlu diketahui bahwa kavikol merupakan zat yang dapat membunuh jamur dan bakteri serta berfungsi sebagai antioksidan.

Langkah yang harus dilakukan saat melakukan penyembuhan mata minus menggunakan daun sirih yaitu menyiapkan daun sirih segar sebanyak 2 lembar. Kemudian cucilah daun sirih tersebut menggunakan air yang mengalir. Jika sudah dicuci, tempelkanlah daun sirih diatas mata saat sebelum tidur. Bukalah daun sirih tersebut saat bangun tidur di pagi hari.

6. Hindari Penggunaan Mata yang Berlebihan

Jangan paksakan mata untuk bekerja terus menerus. Pejamkanlah mata selama kurang lebih 2 menit setiap 2 sampai 3 jam. Dengan melakukan cara tersebut, maka mata akan dapat istirahat sejenak. Lakukanlah cara ini terus menerus secara rutin dan teratur setiap 2 sampai 3 jam sekali, maka mata minus akan berkurang.

7. Menjemur Mata di Pagi Hari

Cara mengurangi mata minus secara alami yang satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Seorang penderita mata minus hanya perlu menjemur mata di pagi hari. Cara menjemur mata yang tepat adalah dengan menutup kedua mata dan arahkan mata ke matahari. Tunggulah sampai bola mata terasa hangat.

Lakukanlah penjemuran mata setiap pagi secara rutin dan teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Waktu yang tepat untuk menjemur mata adalah pada pagi hari, karena cahaya matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian, gejala dan cara mengurangi mata minus secara alami. Untuk penderita mata minus lebih baik lakukan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas secara rutin dan teratur. Jadi untuk mendapatkan mata yang sehat dan terhindar dari mata minus, seseorang tidak perlu mengeluarkan banyak uang.