Manfaat Olahraga Skipping
Manfaat Olahraga Skipping. (Foto: shutterstock.com)
Lompat tali atau skipping telah lama diyakini sebagai olahraga yang memberikan efek bagus bagi kesehatan. Namun ternyata efek ini tidak hanya berhenti pada kesehatan tubuh saja. Skipping juga bermanfaat sampai ke aspek psikologis. Manfaat olahraga skipping menjadi sangat berpengaruh positif bagi kehidupan. Sebuah olahraga murah namun kaya akan manfaat. Tidak mengikat serta dapat pula dilakukan dimanapun. Manfaat olahraga skipping yang dapat dirasakan bila dilakukan secara rutin adalah:

Manfaat Olahraga Skipping Bagi Tubuh

Pembahasan yang pertama adalah manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu banyak manfaat yang diperoleh ketika skipping bagi kesehatan tubuh. Semua olahraga akan memberikan dampak positif yang nyata bila dilakukan secara teratur. Bagi tubuh manfaat skipping adalah sebagai berikut:

1. Membakar Kalori Lebih Banyak

Meskipun gerakan yang dilakukan dari olahraga skipping adakah gerakan yang sangat sederhana, namun ini sangat optimal membakar lemak. Kelebihan lemak dalam tubuh akan dibakar habis menjadi energi saat melakukan skipping. Waktu yang dibutuhkan pun tidak perlu lama, cukup melakukan kegiatan olahraga ini selama 15 menit untuk hasil yang begitu besar. Dan pastikan lingkungan aman sebelum melakukan olahraga ini. Fokus perhatian kondisi lingkungan yang ditekankan pada permukaan lantai yang datar dan tidak licin agar tidak mengakibatkan cedera. Selain itu lingkungan lapang, serta tidak banyak terdapat barang pun perlu dipastikan terlebih dahulu.

2. Membuat Kaki Menjadi Lebih Kuat dan Stabil

Manfaat olahraga skipping yang berikutnya adalah untuk menguatkan kaki dan membuat kaki terlatih untuk menjadi stabil. Ini melatih pusat pengatur keseimbangan dalam kepala untuk mengatur keseimbangan antara dua kaki. Kekuatan kaki pun akan meningkat seiring dengan frekuensi melakukan olahraga dengan sering. Otot kaki adalah bagian yang paling banyak dilatih dalam olahraga skipping. Sehingga bagian inilah yang mendapatkan manfaat terbanyak.

3. Memerikan Bentuk Tubuh Indah

Lompatan sederhana skipping membuat tubuh melakukan metabolisme dengan cepat. Lemak-lemak menjadi terbakar dan dibentuk lah otot-otot tubuh agar menjadi indah. Meskipun bagian yang menjadi fokus adalah kaki namun tidak menghilangkan pengaruh untuk seluruh tubuh. Kalori masuk melalui makanan pun akan di bakar habis sehingga tubuh tidak lagi mengali kelebihan berat badan. Tubuh langsing ideal akan terbentuk dengan proses yang telaten dan terus bersambung. Ketelatenan menjadi kunci mendapatkan manfaat olahraga skipping secara maksimal.

4. Meningkatkan Tinggi Badan

Meskipun masih menjadi perdebatan diantara ahli mengenai manfaat skipping yang satu ini. Namun banyak yang sepakat bila kegiatan skipping dilakukan secara teratur dari usia anak-anak akan membuat pertumbuhan tinggi seseorang menjadi lebih maksimal. Gen tinggi memang telah menjadi ketetapan, sehingga tidak semua orang dapat mencapai tinggi tertentu. Faktor keturunan menjadi dominasi dalam menjawab pertanyaan mengapa seseorang tetap tidak bisa tinggi seperti yang lain meskipun sudah rutin skipping? Namun setidaknya pertumbuhan tinggi ini akan mencapai pada kemampuan maksimal.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat skipping diantaranya adalah untuk melancarkan sirkulasi dara di dalam tubuh. Hal ini membuat kesehatan menjadi semakin meningkat. Bila aliran darah yang menuju dan keluar jantung mengalami arus yang lancar, distribusi rasi makanan serta oksigen pun tidak terkendala. Sel-sel tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup untuk melakukan seluruh aktivitas. Baik untuk pengaturan maupun pembangun dalam tubuh.

6. Mencegah Gangguan Tulang

Resiko pengeroposan tulang mengancam setiap manusia yang menua. Kekurangan asupan kalsium menjadi penyebab utama. Disamping itu kurangnya latihan yang berguna untuk memadatkan tulang pun menjadikan resiko pengeroposan tulang semakin besar. Untuk menghindarkan hal tersebut, melakukan olahraga skipping teratur adalah penangkal. Dengan melakukan skipping dari usia muda maka kepadatan tulang menjadi semakin kuat. Dengan begitu resiko pengeroposan tulang dan gangguan kesehatan tulang lainnya dapat dihindari.

7. Membuat Program Diet Lebih Cepat Berhasil

Ingin program diet penurunan berat badan cepat berhasil? Bila iya maka olahraga skipping dapat membantunya. Program diet penurunan berat badan akan memberikan progres yang terlihat bila disertai dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga yang direkomendasikan untuk menunjang program diet salah satunya ialah dengan melakukan olahraga skipping. Melakukan olahraga skipping setiap hari dengan durasi waktu 15 menit akan lebih meningkatkan hasil. Namun jalan lupa untuk melakukan pemanasan agar tubuh menjadi siap untuk dilatih dengan olahraga ini.

Manfaat Olahraga Skipping Bagi Psikologi

Tak terbatas pada manfaat olahraga skipping bagi tubuh saja, namun skipping memberikan manfaat sangat besar bagi psikologi. Kesehatan jasmani dan rohani harus seimbang untuk mendukung fungsi kerja tubuh agar tidak terganggu. Bila psikologi dalam keadaan bagus maka akan sangat banyak hal negatif dapat dihindari. Seperti menjalani hari dengan lebih produktif dan terhindar dari beberapa penyakit. Psikologi yang bagus juga menjadikan sistem imun semakin kuat untuk menangkal ancaman kesehatan yang datang. Berikut manfaat olahraga skipping bagi aspek psikologi:

1. Membuat Lebih Percaya Diri

Manfaat yang pertama dari olahraga skipping bagi psikologi adalah memberikan rasa percaya diri. Hal ini dikarenakan perasaan percaya diri timbul karena bentuk tubuh yang indah. Semua orang menginginkan bentuk tubuh yang sempurna agar dapat menunjang penampilan. Bentuk tubuh ideal yang dimiliki akan menghilangkan perasaan minder dalam pergaulan. Rasa percaya diri yang kuat akan sangat mempengaruhi dalam menjadi kehidupan manusia sebagai mahluk sosial. Dan untuk dapat mengaktualisasikan diri secara maksimal.

2. Mendapatkan Tidur yang Lebih Pulas

Istirahat adalah hak tubuh yang harus diberikan oleh pemiliknya. Banyak orang tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas karena banyak hal. Diantaranya adalah faktor psikologis seperti masalah yang dihadapi. Ada pula yang mengalami gangguan tidur karena tubuh yang memiliki banyak keluhan. Untuk yang memiliki gangguan tidur berkualitas, ada baiknya mulai melakukan olahraga skipping dengan teratur. Manfaat olahraga skipping dapat menolong mendapatkan cukup istirahat. Hal ini disebabkan karena semua organ tubuh yang menjadi lebih segar dan cukup mendapatkan oksigen. Kualitas yang dimiliki setelah melakukan skipping akan berangsur meningkat. Dengan kualitas tidur yang baik akan dapat menjalankan hari lebih semangat di pagi harinya. Mengingat betapa besar manfaat olahraga skipping baik untuk fisik maupun psikis menjadikan ini sebagai kebiasaan adalah langkah yang tepat.

3. Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Perasaan bahagia adalah reaksi komplek dari senyawa kimia dalam tubuh yang dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari kepuasan akan keberhasilan melakukan olahraga yang mendatangkan keindahan bentuk tubuh. Sampai dengan rasa puas dan perasaan semangat yang timbul ketika mendapatkan cukup istirahat. Semua itu menjadikan perasaan bahagia, yang akan mendatangkan hari yang baik dalam pencapaian. Semangat yang tinggi serta rasa puas akan kehidupannya. Begitu besar manfaat olahraga ini bagi tubuh menjadi tidak boleh disepelekan. Rasa bahagia akan memicu kehidupan yang lebih produktif. Sangatlah banyak manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga skipping. Melakukan skipping dengan teratur merupakan solusi kesehatan jasmani dan rohani. Hindari melakukan olahraga ini bila memiliki diagnosa dokter mengalami gangguan tulang dan sendi. Mulailah hidup sehat dengan rajin berolahraga.