Manfaat Olahraga Bersepeda

Ingin badan sehat memang harus berolahraga. Ini tidak bisa ditawar lagi karena badan butuh bergerak untuk membakar kalori dan menjaga fleksibilitas. Olahraga tidak melulu persoalan lari pagi, angkat besi atau melakukan hal berat lainnya. Berangkat dari hobi, misalnya bersepeda, bisa juga untuk menjaga kesehatan. Apalagi saat ini sudah banyak komunitas bersepeda yang turut mengedukasi masyarakat akan manfaat olahraga bersepeda pula.

Jika mendengar kata bersepeda mungkin yang ada di pikiran adalah mengelilingi jalanan dengan sepeda. Padahal bagi yang tidak memiliki cukup waktu luang tetap bisa berolahraga ini. Banyak pusat kebugaran yang memfasilitasi sepeda statis atau membuka kelas bersepeda. Berikut adalah sepuluh manfaat olahraga bersepeda jika dilakukan secara rutin:

1. Menjaga Berat Badan

Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio, artinya olahraga ini mampu membakar banyak kalori. Cara yang tepat untuk menjaga berat badan tentu mengendalikan jumlah kalori dalam tubuh. Manfaat olahraga bersepeda secara rutin, minimal 30 menit sehari, dapat menghilangkan lemak khususnya di pinggang dan kaki.

Tentunya olahraga bersepeda ini harus didukung juga dengan pola makan sehat. Asupan energi yang bergizi dan banyak menghasilkan manfaat olahraga bersepeda yang maksimal. Langkah ini cocok untuk orang-orang yang sedang diet.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Olahraga bersepeda tergolong dapat meningkatkan adrenalin seseorang. Apalagi jika dilakukan beramai-ramai dengan kecepatan tinggi. Seseorang pasti termotivasi untuk terus memacu sepedanya. Kondisi ini dapat mengikis lemak dalam darah dan organ tubuh lainnya, menguatkan otot jantung, serta melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Manfaat olahraga bersepeda terbukti mengurangi resiko penyakit jantung, khususnya di masa tua. Banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang di masa mudanya rajin bersepeda lebih rendah berisiko terhadap penyakit jantung.

3. Melatih Pernapasan

Irama detak jantung saat bersepeda akan seiring dengan kecepatan kayuhan. Semakin cepat sepeda dikayuh, maka detak jantung akan mengikuti. Jika terbiasa melakukan ini, maka akan terbiasa pula mengatur pernapasan. Otot jantung dan paru-paru mampu menyesuaikan kondisi tubuh dengan cepat. Meski napas terengah-engah, orang yang rajin bersepeda tidak akan kewalahan.

Manfaat olahraga bersepeda dalam hal pernapasan lainnya adalah memberikan asupan oksigen yang sehat bagi tubuh. Apabila bersepeda dilakukan di taman atau di pagi hari, tentu lah oksigen yang dihirup masih bersih dari polusi.

4. Menjaga Kekuatan dan Koordinasi Otot

Istilah osteoporosis akrab dengan para lansia. Betul, jika tidak ingin di masa tua nanti kualitas tulangnya menurun maka rajinlah berolahraga sepeda. Manfaat olahraga sepeda sama halnya seperti investasi di masa depan. Bersepeda melatih otot-otot dan sendi, khususnya sendi lutut, sehingga nyeri lutut dapat dihindari.

Tak hanya itu, olahraga yang mengkombinasikan gerakan otot sikut, lutut, kaki, dan tangan menjaga fleksibilitas otot – otot tersebut. Sebab meski bersepeda yang terlihat hanya mengayuh kaki, secara tidak langsung seluruh bagian tubuh ikut bergerak. Apalagi saat mengayuh cepat dan mengangkat posisi tubuh setengah berdiri. Sudah pasti hampir seluruh otot tubuh berperan dalam gerakan ini.

5. Mengobati Sakit Punggung dan Lutut

Buat orang yang kerap sakit punggung, olahraga bersepeda sangat lah cocok. Atau bisa juga untuk orang yang sering merasa linu di bagian lutut. Posisi bersepeda dengan punggung lurus dan mengarah ke depan, serta lutut yang aktif bergerak, bisa menjadi obat sakit punggung dan lutut.

Mungkin dengan bersepeda sakit punggung dan lutut tidak serta merta hilang. Namun apabila dilakukan secara rutin, manfaat olahraga bersepeda adalah mengembalikan posisi tulang serta sendi. Otot pun dikuatkan dalam waktu yang bersamaan.

6. Menghalau Stress

Penat dengan kerjaan kantor atau bosan berolahraga dalam ruangan? Saatnya bersepeda. Cobalah mengunjungi tempat-tempat favorit dengan sepeda. Pikiran bisa kembali jernih dan mood pun bisa membaik. Mengelilingi berbagai destinasi dengan sepeda sungguh menyenangkan. Sensasinya berbeda dengan berkeliling menggunakan mobil. Suasana dapat dinikmati dengan santai jika sambil bersepeda.

Secara ilmiah, bersepeda juga dapat menghasilkan hormon dopamin yang menciptakan rasa bahagia pada otak. Ritme mengayuh yang teratur berpengaruh pada pikiran. Jika pikiran tenang dan berirama, maka akan membuat diri pun tenang.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Selain dapat menghindari stress, manfaat olahraga bersepeda juga menjaga kesehatan mental. Maksudnya adalah dengan bersepeda seseorang dapat mengendalikan suasana hati. Ada jarak atau tujuan tertentu yang biasanya ditempuh saat bersepeda. Kondisi ini menghasilkan hormon endorfin serta adrenalin seseorang.

Jika jarak dan tujuan tersebut bisa diraih, muncul perasaan bangga pada diri seseorang. Perasaan bangga atau kepercayaan diri perlu untuk dijaga dan ditumbuhkan. Adanya perasaan tersebut membuat seseorang untuk tetap optimis dalam segala hal.

8. Meningkatkan Kemampuan Seks

Belum banyak yang tau bahwa manfaat olahraga bersepeda mampu meningkatkan gairah seks. Hubungan antara gairah seks dan bersepeda adalah kondisi otot yang sehat. Ada beberapa kelompok otot dalam tubuh yang mendukung aktivitas seks. Pernah dilakukan penelitian bahwa otot-otot yang berperan dalam seks dapat dibentuk dari olahraga bersepeda.

Kemudian, dengan bersepeda pun menambah energi. Hal ini pun menjadi salah satu elemen penting dalam melakukan seks. Setelah bersepeda beberapa orang tidak merasa letih, justru lebih bugar dan bersemangat.

9. Terapi Insomnia

Cobalah untuk berolahraga sepeda di siang hari. Lakukan olahraga ini kurang lebih selama 30 menit atau sejam. Awalnya tubuh akan terasa segar. Di malam hari, rehatkan tubuh dalam kondisi yang sangat rileks. Perlahan rasa kantuk akan hadir. Hal ini banyak disarankan untuk orang-orang yang menderita insomnia.

Jangan melakukan olahraga berat mendekati jam tidur. Bagi beberapa orang justru akan membuat tubuh segar dan susah tidur. Meskipun olahraga bersepeda membuat badan letih, namun jika dilakukan sebelum tidur akan membuat tubuh bugar.

10. Memperluas Kehidupan Sosial

Bersepeda merupakan olahraga yang lebih seru dilakukan beramai-ramai. Memang bagi sebagian orang ada yang melakukannya sendiri di rumah dengan sepeda statis. Ada pula yang gemar bersepeda sendiri untuk menikmati suasana.

Namun begitu, lain cerita jika bersepeda dilakukan dengan teman-teman. Olahraga bersepeda bisa menjadi lebih seru dan menyenangkan. Dari bersepeda, bisa berkenalan dengan orang baru, berbagi pengalaman, hingga membangun hubungan bisnis.

Manfaat olahraga bersepeda lainnya adalah turut menjaga lingkungan. Saat ini semakin banyak komunitas yang sadar lingkungan hidup. Gaya hidup go green pun dikampanyekan secara masif. Dengan olahraga bersepeda, secara tidak sadar berkontribusi menjaga udara dari polusi. Tidak menggunakan kendaraan bermotor, artinya tidak menambah polusi udara sekitar.

Itulah manfaat olahraga bersepeda bagi kesehatan dan kehidupan sosial. Ada banyak cara lainnya untuk menjaga kesehatan. Namun dengan bersepeda, tidak hanya menjaga kesehatan tetapi juga menjaga lingkungan hidup. Kini saatnya untuk mengajak teman atau keluarga tercinta bersepeda. Pilih destinasi yang disuka dan tentukan waktunya. Ciptakan gaya hidup sehat yang menyenangkan!