Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol
Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol
Seringkali mendengar kata kolesterol, tapi mungkin masih banyak yang belum mengerti apa itu kolesterol. Sebenarnya kolesterol tidak berbahaya dan bahkan dibutuhkan oleh tubuh dalam keadaan normal. Namun jika terjadi peningkatan kadar kolesterol pada darah itulah yang bisa menimbulkan permasalahan kesehatan. Penting mengetahui makanan yang harus dihindari penderita kolesterol agar kolesterol tidak meningkat.

Apa Penyebab Peningkatan Kolesterol?

Kolesterol tinggi tidak terjadi begitu saja, namun pasti ada sesuatu yang menyebabkan hal itu terjadi. Di bawah ini adalah beberapa penyebab peningkatan kolesterol dalam darah sehingga terjadi kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia): Pola makan tidak sehat Saat ini telah terjadi pergeseran pola makan dari tradisional yang tinggi serat menjadi modern yang lebih tinggi lemak rendah serat. Pola makan yang tinggi lemak dan rendah serat tersebutlah yang menjadi biang kerok penyebab tingginya kolesterol. Serat sangat penting untuk mengikat kolesterol dan membuangnya melalui BAB. Kurang olahraga Kebiasaan olahraga berpengaruh positif terhadap kadar kolesterol, yaitu akan menjaga kolesterol dalam keadaan normal. Jadi kebiasaan kurang olah raga juga akan menyebabkan kadar kolesterol darah kurang terkontrol. Penyakit kelainan empedu Selain pola makan dan pola hidup yang kurang baik ada penyebab lain kolesterol tinggi darah yaitu penyakit kelainan empedu. Kelenjar empedu bertugas menghasilkan garam empedu yang bertugas untuk metabolisme kolesterol, dalam tubuh. Faktor lain Faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi dalam darah adalah genetik atau keturunan. Apabila memiliki keturunan dengan kelainan kolesterol tinggi di dalam darah maka kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama. Itulah beberapa faktor penyebab peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang harus diwaspadai. Namun jika faktor penyebabnya tidak bisa dikontrol seperti genetik, caranya adalah dengan memperhatikan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Lalu apa tanda dan gejala yang seringkali timbul pada penderita kolesterol tinggi?

Tanda dan Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi sendiri bukanlah sebuah penyakit tetapi hanyalah sebuah gejala dari penyakit metabolic dyslipidemia. Seseorang disebut kolesterol tinggi jika kadar kolesterol darahnya melebihi 200 mg/DL, hal tersebut hanya bisa diketahui dari cek darah. Tidak ada tanda dan gejala spesifik pada orang kolesterol tinggi, ada yang merasa kaku-kaku pada badan, tapi ada juga yang tidak. Oleh karena itu tidak bisa melihat kelainan kolesterol yang tinggi di dalam darah hanya melalui gejala atau tanda saja karena tidak spesifik. Diagnosa kolesterol tinggi hanya bisa ditegakkan dengan pemeriksaan laboratorium. Jika sudah mengetahui kadar kolesterol darah tinggi maka harus memperhatikan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol.

Makanan Apa yang Perlu Dihindari Penderita?

Seseorang yang diketahui mengalami hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi dalam darah) harus mulai memperhatikan pola hidup dan pola makannya. Sangat penting mengetahui makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Berikut ini adalah makanan-makanan tinggi kolesterol yang harus dihindari:

1. Makanan yang Digoreng

Gorengan atau makanan yang digoreng adalah salah satu makanan yang harus dihindari oleh seseorang yang hiperkolesterolemia. Makanan yang digoreng (gorengan) pasti menyerap minyak dan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Apalagi jika membeli gorengan yang di masak dengan minyak jelantah yang sudah digunakan berulang-ulang. Maka gorengan tersebut dipastikan mengandung lemak jenuh yang tinggi dan akan meningkatkan kolesterol.

2. Jeroan

Jeroan adalah salah satu makanan yang mengandung kolesterol yang sangat tinggi sekitar lebih dari 3000 mg setiap 100 gramnya. Padahal kebutuhan kolesterol normal hanya sekitar 300 mg per hari dan sudah memenuhi kebutuhan kolesterol tubuh. Oleh sebab itulah jeroan seperti otak, hati, babat, limpa, paru harus dihindari bahkan tidak boleh dikonsumsi saat ingin menurunkan kolesterol.

3. Seafood

Kelompok kedua makanan yang harus dihindari penderita kolesterol adalah seafood. Namun perlu diingat tidak semua seafood mengandung tinggi kolesterol seperti ikan, sangat aman bagi penderita kolesterol. Seafood yang harus dihindari adalah seperti cumi, udang, kerang terbatas, kepiting dan olahannya. Sebagian seafood masih bisa dikonsumsi dengan jumlah yang terbatas, tergantung total kolesterol darah penderita.

4. Kuning Telor

Telor yang diketahui sangat baik untuk kesehatan ternyata juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi khususnya bagian kuning telornya. Untuk penderita kolesterol harus menghindari konsumsi kuning telor secara berlebihan untuk menjaga kadar kolesterol darah tetap aman. Kuning telor mengandung lebih dari 2000 mg kolesterol per 100 gram, artinya sekitar 7 kali kebutuhan kolesterol sehari. Untuk itu cukup konsumsi 2 kuning telor dalam seminggu, konsumsi putih telor tidak dibatasi karena kandungannya adalah protein.

5. Daging Merah

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol selanjutnya adalah daging merah yang berlemak. Jadi perlu dicatat yang harus dihindari adalah daging merah yang berlemak karena kandungan kolesterolnya sekitar 2000 mg per 100 gram daging. Lalu yang dimaksud daging merah adalah daging sapi dan daging kambing dan segala olahannya.

6. Kulit

Banyak sekali yang menyukai makanan yang satu ini karena dirasa enak dan sangat gurih saat dimakan, yaitu kulit. Padahal kulit mengandung tinggi sekali kolesterol, karena banyak sekali lemak di bawah kulit yang menempel pada kulit dan olahannya. Bagi penderita kolesterol tinggi sudah seharusnya menghindari konsumsi kulit untuk menjaga kolesterol darah dalam kadar normal.

7. Susu Full Cream

Susu sebenarnya boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol tapi harus mencari susu yang rendah lemak. Banyak produk susu yang sudah dihilangkan lemaknya sehingga sangat aman bagi penderita kolesterol. Jangan sekali-kali mengkonsumsi susu full cream karena artinya lemaknya masih utuh, sehingga berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah.

8. Daging Bebek

Bagi pecinta bebek yang mengalami kolesterol tinggi dalam darah hendaknya segera menghentikan hobinya makan olahan bebek. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kandungan kolesterol daging bebek dengan kulit adalah sekitar 515 mg per 100 gram. Kadar yang sangat tinggi sekitar 2x lebih dari kebutuhan kolesterol sehari bagi orang sehat.

9. Caviar (Telur Ikan)

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi selanjutnya adalah caviar (telor ikan). Meskipun makanan ini terlihat kecil dan tidak berpotensi meningkatkan kolesterol tetapi padahal sebaliknya. Kandungan kolesterol dalam caviar sekitar 558 mg per 100 gram lebih tinggi dari daging bebek. Oleh sebab itu penderita kolesterol tinggi harus menghindari konsumsi caviar atau telur ikan ini.

10. Mentega

Bahan makanan yang seringkali digunakan sehari-hari ini ternyata harus dihindari saat kolesterol tinggi. Mentega seringkali digunakan untuk olesan roti, menumis, menggoreng atau membuat kue, harus dikurangi penggunaannya jika kolesterol tinggi. Lebih baik memilih margarin yang terbuat dari lemak nabati agar terbebas dari kolesterol. Nah itulah makanan yang harus dihindari penderita penyakit kolesterol sebagai salah satu upaya pengobatan. Bagi yang belum menderita hiperkolesterol maka bisa menghindari makanan-makanan di atas agar tidak jatuh dalam keadaan hierkolesterolemia. Tentu saja karena mencegah lebih baik dari mengobati, untuk itu sebisa mungkin hindari makanan-makanan tinggi kolesterol di atas.