Makanan untuk Menurunkan Asam Urat
Asam urat merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri terutama pada persendian. Tingginya kadar asam urat salah satu pemicunya yaitu meningkatnya zat purin dalam tubuh. Untuk menurunkannya dapat dengan mengkonsumsi beberapa makanan terutama yang mengandung sedikit purin. Berikut apa saja makanan untuk menurunkan asam urat pada tubuh:

1. Daun Seledri

Daun Seledri
Daun Seledri (Shutterstock)
Daun seledri merupakan salah satu jenis bahan makanan untuk menurunkan asam urat. Seledri dipercaya mampu mengoptimalkan kinerja ginjal yang berperan aktif untuk mengeluarkan asam urat dalam darah. Daun seledri ini dapat juga berfungsi secara ampuh untuk melawan infeksi pada persendian akibat tingginya kadar asam urat. Ada beberapa zat yang terkandung pada daun selendri yang dapat berperan untuk melawan resiko penyakit asam urat. Diantaranya seperti kandungan zat glikosida, ada juga zat apiol, serta senyawa flavonoid.

2. Apel

Buah Apel
Buah Apel (Shutterstock)
Tentu banyak sekali orang yang menyukai salah satu buah ini. Selain karena memiliki rasa manis segar, apel juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain kadar asam urat, apel dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang biasa ikut tinggi ketika seseorang menderita asam urat. Bernama zat asam malat, yaitu Zat yang terkandung pada buah apel ini, dipercaya mampu menetralkan kadar asam urat dalam darah. Cara kerja zat ini dalam menurunkan asam urat yaitu dengan membantu membuangnya melalui urin keluar tubuh. Kandungan antioksidannya juga berguna untuk menangkal radikal bebas hingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

3. Wortel

Wortel
Wortel (shutterstock)
Wortel juga termasuk salah satu jenis bahan makanan untuk menurunkan asam urat pada tubuh. Maka wortel sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita dengan keluhan asam urat. Wortel juga banyak mengandung vitamin yang sangat diperlukan bagi tubuh terutama vitamin A. Wortel merupakan jenis sayuran yang mengandung kadar purin rendah. Yang harus diketahui, purin adalah zat yang akan dicerna oleh tubuh, kemudian dapat berubah menjadi asam urat. Dengan mengkonsumsi wortel, kemungkinan tubuh menghasilkan asam urat akan menurun karena sedikitnya zat purin yang masuk pada tubuh.

4. Ceri

Buah Ceri
Buah Ceri (Shutterstock)
Telah banyak studi yang menjelaskan bahwa ceri ternyata mampu menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Salah satunya buktinya yaitu dari sebuah studi yang diterbitkan tahun 2003 dalam Journal of Nutrition. Dalam studi ini disebutkan bahwa penderita asam urat yang rutin makan buah ceri, terjadi penurunan drastis dengan kadar asam uratnya. Salah satu jenis buah-buahan ini dipercaya mampu mengurangi peradangan pada persendian karena kandungan anti inflamasi di dalamnya. Ceri juga mengandung sedikit kalori sehingga cocok untuk yang sedang menjalani diet. Selain menurunkan asam urat dan baik untuk diet, ceri juga cukup ampuh menghilangkan lemak dan kolesterol pada tubuh.

5. Pisang

Buah Pisang
Buah Pisang (shutterstock)
Buah pisang juga bisa digunakan untuk alternatif makanan untuk menurunkan asam urat. Pisang berperan dalam mengatur keseimbangan kadar asam basa dalam tubuh. Hal inilah yang membuat sangat dianjurkan untuk penderita asam urat mengkonsumsi buah ini. Pada buah pisang mengandung senyawa kalium dan alkali dengan kadar yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu membantu menurunkan asam urat. Zat kalium ini dapat menyerap asam urat lalu membuangnya lewat urin sehingga keluar dari tubuh. Pisang juga sangat minim kandungan gula namun cukup tinggi kalori, jadi baik dikonsumsi untuk yang sedang diet.

6. Beras Merah

Beras Merah
Beras Merah (Shutterstock)
Penderita asam urat juga bisa mengkonsumsi beras merah sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat pada beras merah cukup tinggi. Namun bahan makanan ini memiliki kalori yang rendah dan pastinya mampu membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini karena beras merah juga memiliki kandungan zat purin yang cukup rendah. Beras merah juga sangat cocok untuk yang sedang diet. Manfaat yang bisa dirasakan akan bertambah jika mengkonsumsi beras merah. Pertama menurunnya kadar asam urat sekaligus memperoleh berat tubuh yang ideal.

7. Kentang

Kentang
Kentang (Shutterstock)
Pilihan lain makanan untuk menurunkan asam urat yaitu kentang. Kentang diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya juga mampu berperan untuk keberhasilan program diet. Kemudian kentang juga mengandung cukup tinggi vitamin B5. Peran utama vitamin B5 ini adalah memecah asam urat dalam darah. Selain itu vitamin B5 pada kentang akan membantu melancarkan pembuangan asam urat melalui urin sehingga keluar dari tubuh.

8. Buah Berries

Strawberry, Blueberry
Strawberry dan Blueberry (Shutterstock)
Terdapat beberapa buah yang termasuk golongan berries. Diantaranya strawberry dan blueberry yang sangat berperan dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah buahan golongan berries ini memiliki keistimewaan sifat anti inflamasi yang tinggi. Sehingga, mampu mengurangi peradangan akibat tingginya kadar asam urat.

9. Buah Delima

Buah Delima
Buah Delima (Shutterstock)
Buah delima juga sangat cocok sebagai alternatif makanan untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Sangat disarankan untuk penderita asam urat agar rutin mengkonsumsi buah ini. Buah yang memiliki rasa unik ini dipercaya mampu secara optimal menurunkan kadar asam urat dalam darah. Manfaat ini didukung karena delima bisa membantu mengurangi sejumlah plak pada pembuluh darah arteri. Plak yang menempel pada arteri dalam jumlah banyak ini merupakan penyebab utama penyakit asam urat.

10. Jagung

Jagung Jagung (Shutterstock)Selain sebagai alternatif pengganti nasi putih untuk sumber karbohidrat bagi yang sedang diet, jagung juga disarankan untuk penderita asam urat. Mengkonsumsi jagung secara rutin dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini karena kandungan purin di dalamnya yang cukup rendah. Jagung mampu secara efektif membersihkan asam urat yang berada pada sela sela sendi. Asam urat yang menempel dan menumpuk di sela sendi ini dapat memicu peradangan bila tidak segera ditangani.

11. Alpukat

Alpukat
Alpukat (Shutterstock)
Alpukat juga termasuk makanan untuk menurunkan asam urat. Buah Alpukat diketahui mempunyai kandungan zat yang dipercaya mampu meningkatkan sifat basa pada tubuh. Dengan meningkatnya sifat basa tubuh maka secara otomatis kadar asam termasuk asam urat juga akan turun. Alpukat juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

12. Brokoli

Brokoli
Brokoli (Shutterstock)
Mengkonsumsi brokoli untuk penderita asam urat juga sangat disarankan. Selain karena rendahnya kadar purin di dalamnya, brokoli juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Brokoli merupakan sejenis sayuran yang mengandung vitamin C dengan kadar yang cukup besar. Kandungan vitamin C ini dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat secara optimal.

13. Cuka Apel

Cuka Apel
Cuka Apel (shutterstock)
Selain apel, cuka apel organik ternyata juga mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Cuka apel diketahui banyak mengandung kalium. Kalium sendiri merupakan salah satu zat yang sangat berperan dalam menjaga keseimbangan pH (kadar asam basa pada tubuh). Cuka apel pada dasarnya memang mengandung asam, namun kadar asam cuka apel yang biasa disebut asetat ini justru berguna. Diantaranya sebagai perangsang pembentukan senyawa basa terutama dalam pencernaan. Jika kadar Ph dalam tubuh bisa seimbang atau lebih tinggi kadar basa, maka dipastikan kadar asam urat juga mampu menurun. Itulah beberapa makanan untuk menurunkan asam urat pada tubuh. Meskipun telah mengkonsumsi makanan tersebut, ada baiknya tetap jaga asupan makanan yang masuk ke tubuh. Misalnya dengan meminimalkan konsumsi jeroan, daging merah atau makanan bersantan. Rajin berolahraga juga banyak minum air putih juga dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit asam urat.