Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan

Kalori adalah sumber energi bagi tubuh yang diperlukan untuk beraktivitas. Bila kalori yang dikonsumsi masuk kedalam tubuh tidak terpakai maka akan menjadi lemak. Maka dari itu makanan rendah kalori yang mengenyangkan banyak dicari untuk program diet. Makanan rendah kalori selain mengenyangkan juga terdapat banyak kandungan vitamin, serat, protein yang banyak.

Makanan dibawah ini mengandung kalori yang rendah asalkan dengan cara pengolahan yang benar dan tepat. Lebih baik jika dimakan mentah tanpa diolah, karena kandungan yang ada pada buah atau sayur tersebut tidak akan berubah. Dan usahakan untuk tidak memakan goreng-gorengan karena jika digoreng maka kalori akan bertambah.

1. Sup Kacang Merah

Sup kacang merah ini terdapat banyak kandungan air, dan makanan tersebut mengenyangkan dan juga rendah kalori. Jadi cocol untuk yang ingin diet bisa makan sup kacang merah. Apabila bagi yang tidak menyukai sup bisa juga dengan kacang kacangan dibuat salad sayur.

Tidak hanya sup kacang merah saja, tapi sup yang biasa juga bisa membuat kenyang dan tahan lama. Dikarenakan bahan yang terkandung di dalam makanan tersebut kaya akan serat.

2. Makan Oatmeal

Makanan rendah kalori yang mengenyangkan selanjutnya adalah oatmeal. Makanan ini dapat digunakan sebagai untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dll. Di dalam oatmeal ini juga terdapat kandungan protein dan serat yang tinggi.

Jadi setelah memakan oatmeal maka perut akan terasa lebih kenyang. Dan oatmeal ini selain digunakan untuk makanan diet, juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

3. Olahan Ayam

Ayam bisa menjadi salah satu jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan, asalkan diolah dengan cara yang tepat. Bisa digoreng, ataupun dipanggang yang terpenting bahan yang digunakan untuk mengolah ayam tersebut tepat.

4. Lobak

Lobak yang belum dimasak biasanya dijadikan acar atau hiasan untuk makanan agar terlihat cantik. Selain rendah kalori makanan ini juga mengandung serat yang tinggi, jadi dapat mengenyangkan. Lobak mengandung sebesar 51 kalori, dan lebih rendah daripada kentang.

Lobak juga biasanya dijadikan makanan khas korea yaitu kimchi. Kimchi terbuat dari beberapa sayuran yang difermentasikan.

5. Paprika Yang Mentah

Seiris paprika mentah hanya mengandung sebesar 2 kalori saja. Selain itu, di dalam paprika juga terdapat kandungan folat dan vitamin B6. Yang dapat mengurangi pembengkakan di arteri, dan membantu mengurangi resiko terkena jantung.

Rasa pedas yang ditimbulkan oleh paprika, dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Paprika dapat diolah dengan cara memanggang, atau menumisnya, selain itu juga bisa dimakan mentah.

6. Kembang kol

Kembang kol memiliki kalori sebesar 25 kkal dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. kalori dari olahan kembang kol lebih sedikit dibandingkan nasi putih. Asalkan kembang kol diolah dengan cara yang benar dan bahan pendukung lainnya juga. Nah sayur tersebut juga bisa dibuat sebagai pengganti nasi. Dengan cara mencincang kembang kol sampai halus seperti nasi.

7. Strawberry

Didalam buah strawberry terdapat nutrisinya yang meliputi, vitamin, serat dan polisenol. Serta antioksidan dengan kandungan nol kolesterol, dan kandungan serat pada buah tersebut dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Strawberry juga cocok digunakan untuk yang sedang menjalankan program diet. 100 gram buah tersebut mengandung 33 kalori.

8. Olahan Jamur

Walaupun protein danĀ  vitamin C yang terkandung dalam jamur cukup tinggi. Kandungan kalori dan lemak dalam jamur cukup rendah, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet, karena jika jamur diolah akan lebih mengenyangkan. Untuk mengkonsumsi jamur bisa dibuat jamur crispy, ditumis, dan sebagainya.

9. Sayur Bening

Sayur Bening adalah makanan yang diolah dari sayur bayam. Untuk cara pengolahannya pun juga sangat mudah. Untuk 100 gram bayam mengandung kalori sebesar 23 kkal. Selain kalori yang rendah sayur bayam juga memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi. Maka dari itu sayur bayam yang diolah akan mengenyangkan perut.

10. Salad Kiwi

Untuk satu buah kiwi terdapat kandungan kalori sebesar 46 kkal. Selain itu buah tersebut memiliki banyak vitamin E dan serat pangan yang terkandung didalamnya. Buah ini memiliki kalori lebih rendah daripada pisang, jadi bisa digunakan untuk diet.

Olahan kiwi biasanya dibuat jus atau dimakan langsung juga bisa. Apabila ingin membuat salad kiwi dengan campuran yogurt dan bahan lainnya pun bisa.

11. Olahan Udang

Udang jika diolah dengan benar dan tepat maka kalori yang terkandung sangat sedikit. Untuk satu ekor saja memiliki kalori sebesar 7 kkal. Jika memakan udang 10 ekor kalori yang terkandung tetap rendah dibandingkan dengan dada ayam. Udang juga digunakan sebagai antioksidan yang membantu penyebab penuaan dini.

12. Selada

Tidak semua jenis selada memiliki kandungan yang rendah kalori. Biasanya selada ini akan dibuat makanan salad. Pilih selada atau lettuce untuk dicampur kedalam makanan. Untuk satu porsi selada hanya mengandung kalori sebesar 12 kkal.

Dan selada ini sangat rendah lemak, jadi cocok untuk diet. Selain dibuat salad, sayuran ini bisa dimakan dengan cara dikukus, tumis, atau dipanggang. Tapi tetap lebih baik jika dimakan mentah saja.

13. Olahan Telur

Makanan rendah kalori yang mengenyangkan berikutnya adalah telur. Jika memakan satu buah telur rebus saja dengan banyak air putih sudah mengenyangkan. Untuk mengkonsumsi telur tidak hanya direbus saja tapi juga bisa digoreng, di tumis, dan di makan langsing sebagai jamu.

Telur memang sudah diketahui bahwa kaya akan protein dan asam amino essensial. Disarankan untuk sarapan telur setiap pagi dibandingkan dengan roti putih. Karena kandungan kalori didalam telur lebih sedikit dibandingkan roti putih.

14. Popcorn

Ternyata kandungan kalori didalam popcorn hanya sembilan puluh kalori. Selain itu makanan yang berasal dari jagung juga dapat membuat perut kenyang dengan hanya makan popcorn saja. Pilih pop corn yang original untuk sebagai makanan rendah kalori. Jika pop corn rasa asin dan manis akan terdapat lebih banyak kandungan kalorinya.

15. Olahan Kentang

Kentang bisa di konsumsi dengan cara dikukus, dipanggang, direbus, dan digoreng. Untuk program diet sebaiknya kentang dimakan setelah dikukus saja. Kentang juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Makanan rendah kalori yang mengenyangkan ini, juga memiliki gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan tersebut mengandung 90 kkal saja setiap seratus gram nya.

16. Makan Tomat Mentah

Tomat sendiri memiliki kandungan kalori sebesar 33 kkal. Dan tomat tidak hanya memiliki satu jenis saja ada banyak jenis tomat seperti pulm, ceri, dll. Setiap jenis tomat akan memiliki kandungan kalori yang berbeda pula. Makan tomat mentah sangat dianjurkan bagi yang ingin diet, karena selain kalori rendah juga ada banyak gizi lainnya.

Apabila kandungan kalori yang masuk kedalam tubuh lebih tinggi daripada jumlah kalori yang dibutuhkan maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Makanan dengan kalori yang rendah sangat bagus untuk program diet. Tapi tetap harus diselingi juga dengan olahraga yang rutin.