Makanan Pengganti Nasi untuk Ibu Hamil
Makanan pengganti nasi untuk ibu hamil diperlukan untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi ibu hamil. Karbohidrat merupakan kebutuhan energi utama bagi ibu hamil agar tidak lemas, sehingga harus tetap ada asupan meskipun kondisi perut menolak. Ibu hamil harus mendapatkan karbohidrat agar kebutuhan kalori ibu dan janin terpenuhi. Karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa dan berguna untuk memberikan nutrisi pada sel dan saraf, sehingga bisa membuat perkembangan anak dalam perut ibu menjadi optimal. Jika ibu hamil tidak ingin makan nasi, atau makan nasi membuat mual. Ibu hamil bisa mengganti sumber karbohidrat nasi dari beberapa bahan, antara lain:

1. Umbi Talas

Talas sudah banyak dikenal oleh masyarakat, tetapi banyak juga yang tidak mengenal talas. Umbi talas juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi pilihan jika ibu hamil merasa mual saat makan nasi. Selain kandungan karbohidrat, umbi talas juga mengandung protein yang cukup tinggi Protein merupakan nutrien yang baik dalam perkembangan janin, karena protein dapat menjadi zat pembangun untuk sel-sel tubuh. Semakin tingginya konsumsi protein, maka perkembangan anak juga menjadi lebih baik. Jangan mogok makan saat hamil, meskipun sedang mual, gantilah dengan pilihan makanan lain, sehingga kebutuhan nutrisi terpenuhi.

2. Buah Sukun

Sukun merupakan salah satu bahan yang bisa diolah menjadi banyak hal dan merupakan makanan pengganti nasi untuk ibu hamil. Rasanya yang manis dan unik membuat buah ini digemari oleh masyarakat. Buah sukun bisa dinikmati dengan hanya direbus atau di kukus, bisa juga diolah menjadi gorengan sukun. Apa saja olahannya bisa membuat sukun menjadi lebih enak. Bagi beberapa orang yang menyukai sukun, maka sukun bisa digunakan sebagai pengganti nasi, terutama bagi ibu hamil. Tetapi sukun termasuk bahan yang sensitif, sehingga banyak pula yang merasa aneh makan buah sukun ini. Sehingga perlu pengolahan yang pas agar tidak menimbulkan gatal atau rasa pahit.

3. Ketela Pohon Atau Singkong

makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang lainnya adalah singkong. Singkong sudah tersebar luas di masyarakat, bahkan semuanya pasti sudah mengenalnya. Singkong merupakan makanan yang lumayan terkenal, biasanya banyak dijual dalam bentuk pohon keju. Untuk singkong sendiri bisa diolah menjadi makanan seperti gethuk, sawut, kerupuk, keripik atau banyak sekali. Rasanya yang enak dan mengenyangkan bisa dijadikan pilihan untuk ibu hamil. Singkong baik untuk ibu hamil karena tidak menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan, sehingga masih bisa di kontrol. Singkong memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan nasi, sehingga sifatnya bisa mengenyangkan. Kandungan serat dalam singkong juga baik untuk ibu hamil dalam mencegah konstipasi.

4. Kentang

Kentang merupakan makanan yang lumayan digemari oleh banyak orang, terutama jika diolah menjadi makanan kekinian yaitu french fries. Tetapi kentang juga bisa dijadikan menu untuk diet karena bisa menjaga berat badan dari efek kenyang yang ditimbulkan. Begitu juga untuk ibu hamil, kentang bisa dijadikan pilihan menu pengganti nasi. Kentang memiliki banyak nutrien lain seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu kentang juga bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes, meskipun kaya akan karbohidrat, tetapi glukosanya tidak terlalu tinggi. Jadi aman dikonsumsi oleh ibu hamil agar tidak mengalami diabetes gestasional.

5. Pasta dari Italia

Pasta termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari italia dan sudah banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Pasta termasuk makanan modern dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga bisa menjadi pilihan saat tidak ingin mengkonsumsi nasi putih. Pasta yang memiliki campuran saus khusus pasta akan membuat rasanya lebih nikmat, sehingga dengan rasa tersebut akan menambah nafsu makan ibu hamil. Makanan pasta juga mengandung asam folat, yaitu protein yang baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

6. Biji Jagung

Jagung termasuk pilihan yang terbaik karena bisa dinikmati dengan banyak cara, olahan makanan dari jagung juga sudah banyak di pasaran. Biji jagung bisa dimakan saat masih muda, saat sudah kering bahkan saat masih bentuk baby corn juga bisa dikonsumsi. Jagung yang kaya akan karbohidrat dan membuat kenyang bisa dipilih untuk disandingkan dengan karbohidrat nasi. Makanan yang bisa diolah dari jagung adalah jasuke yang bisa dicampur degan keju, susu dan coklat. Jagung juga bisa dinikmati dengan direbus, dibakar, digoreng, dibuat camilan dan lain sebagainya. Semua olahan makanan jagung tersebut sangatlah enak dan banyak dicari oleh masyarakat. Sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir, jagung juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk ibu hamil.

7. Sereal dari Gandum

Sereal banyak dinikmati sebagai menu makan pagi terutama untuk yang jarang makan nasi saat pagi. Makanan yang terbuat dari pati gandum banyak mengandung karbohidrat dan serat yang baik untuk pencernaan manusia. Sereal banyak dijual di pasar swalayan karena memang makanan ini sudah merupakan makanan olahan dan tinggal menyeduh saja. Selain dalam bentuk sereal, gandum juga banyak tersedia dalam bentuk roti maupun biskuit. Biskuit dan RotiĀ  yang terbuat dari gandum rasanya gurih dan unik. Sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir jika tidak ingin makan nasi, masih bisa mengkonsumsi sereal yang kaya rasa dan enak.

8. Buah Pisang

Apabila tidak menyukai makanan seperti di atas, buah bisa dijadikan opsi untuk sumber karbohidrat ibu hamil. Salah satu buah yang kaya akan karbohidrat adalah pisang, karena dengan makan pisang perut akan merasakan kenyang. Buah pisang terdiri dari banyak jenis, mulai dari yang kecil hingga besar. Pilihan yang banyak itu membuat orang tidak mudah bosan jika mengkonsumsi buah pisang. Pisang juga bisa diolah menjadi makanan nikmat lainnya, bisa dikukus, bisa dijadikan pisang goreng, nugget pisang dan bentuk lainnya. Jadi ibu hamil tidak perlu khawatir lapar jika saat hamil sensitif dengan nasi. Karena pisang bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk ibu hamil. Buah ini juga mengandung magnesium yang baik untuk lambung agar tidak sering nyeri pada saat lapar.

9. Buah Beri-Berian

Buah berry merupakan buah yang mengandung karbohidrat sederhana untuk tubuh. Berry merupakan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral juga, sehingga selain fungsinya menambah karbohidrat juga untuk pengatur tubuh. Rasa buahnya yang asam manis dan unik cocok untuk dijadikan pilihan bagi ibu hamil

10. Buah Apel

Buah apel dengan daging buah yang besar memiliki efek mengenyangkan pada perut karena di dalam apel mengandung banyak karbohidrat. Apel yang kaya akan vitamin dan mineral juga cocok dikonsumsi ibu hamil. Buah ini memiliki banyak jenis dan rasa setiap jenis juga berbeda, sehingga apel tidak mudah membuat bosan orang yang mengkonsumsinya. Kesehatan ibu hamil penting diperhatikan karena tidak hanya menyangkut ibu, tetapi menyangkut anak dalam kandungannya juga. Ibu hamil tidak boleh menahan untuk makan meskipun semua makanan yang dimakan serasa membuat muntah. Kondisi yang seperti ini harus tetap diberikan asupan, karena makanan dapat menjaga kesehatan dari ibu hamil sendiri. Oleh karena itu, keluarga atau pasangan harus memantau pola makan dari ibu hamil. Pastikan setiap hari tercukupi kebutuhan karbohidrat dari ibu hamil, sehingga ibu hamil akan tetap segar dan tidak lemas. Jika ibu hamil sering mual saat makan nasi, maka makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang bisa berasal dari bahan lain bisa direkomendasikan.