Latihan Mengecilkan Perut Sebelum Tidur
Salah satu bagian tubuh yang sering dibanggakan adalah perut. Memiliki perut yang indah nampaknya menjadi impian, baik bagi pria maupun wanita. Lemak yang bergelambir biasanya menjadi alasan seseorang untuk memulai diet atau olahraga. Sayangnya, tidak semua orang melakukan itu. Ada yang berdalih tidak memiliki waktu atau sudah terlalu lelah dengan pekerjaan kantor. Padahal banyak gerakan latihan mengecilkan perut sebelum tidur. Memang belum umum orang berolahraga dilakukan sebelum tidur. Namun bukan berarti hal ini tidak efektif untuk dilakukan. Latihan mengecilkan perut sebelum tidur tidak hanya berguna untuk membuang lemak, tetapi juga bisa melatih otot. Jika rajin melatih otot perut, paling tidak bisa mengurangi resiko sakit punggung sekaligus memperbaiki postur tubuh. Berikut adalah gerakan latihan sebelum tidur yang dimaksud:

1. Push Up

Istilah ini pasti sudah familiar bagi banyak orang. Gerakan push up bukan hanya melatih kekuatan otot perut, tetapi juga otot bahu hingga tangan. Untuk melakukan push up tidak dibutuhkan peralatan serta tempat yang luas. Bahkan latihan ini bisa dilakukan saat sudah memakai baju tidur. Posisi tubuh yang benar saat melakukan push up adalah tangan lurus menopang tubuh di atas lantai. Tangan dibuka selebar bahu, sedangkan kaki lurus ke belakang. Apabila belum kuat, lutut dapat ditekuk menempel lantai namun tulang punggung tetap lurus. Setelah itu, tekuk tubuh ke bawah hingga dada dekat menyentuh lantai kemudian angkat. Push up sebaiknya tidak membutuhkan alas agar telapak tangan lebih kokoh menopang ke lantai.

2. Sit Up

Sama halnya seperti push up, sit up pun merupakan latihan mengecilkan perut sebelum tidur yang cukup efektif. Sit up melatih otot perut bagian tengah. Selain itu, rajin melakukan sit up sebelum tidur dapat mengurangi pegal di sekitar panggul dan pinggang. Sebab posisi sit up yang benar memperbaiki posisi otot di bagian tersebut. Mengetahui posisi sit up yang benar itu penting. Apabila sit up dilakukan dengan posisi keliru maka akan cedera leher dan punggung bawah. Memulai sit up dilakukan dengan tidur berbaring dengan posisi lutut ditekuk. Telapak kaki tetap menempel ke lantai, kemudian kedua tangan taruh di dekat telinga atau depan dada. Kuatkan otot perut sambil mengangkat badan ke atas. Arahkan mendekati lutut sambil menghembuskan napas. Setelah itu, kembali berbaring dengan mempertahankan posisi tubuh seperti awal. Lakukan sebanyak sepuluh kali dengan tiga kali pengulangan, maka secara perlahan akan mengikis lemak di perut.

3. Squat

Gerakan latihan mengecilkan perut sebelum tidur selanjutnya adalah squat. Latihan ini bisa sekaligus membuat penampilan wanita lebih seksi. Bagaimana tidak, gerakan squat dapat membentuk otot pantat lebih kencang. Ditambah dengan melatih otot kaki, membuat tubuh bagian bawah menjadi lebih kuat. Gerakan dasar squat sangat mudah. Cukup diawali dengan berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Turunkan badan perlahan dengan cara menekuk lutut. Jika masih pemula, tekuk lutut 90 derajat. Namun apabila kuat lebih bawah, maka otot paha akan semakin terlatih. Iringi gerakan squat dengan menggunakan otot perut supaya otot perut pun bekerja.

4. Bicycle Crunch

Untuk melakukan bicycle crunch cukup membayangkan dulu gerakan seseorang mengayuh sepeda. Ya, latihan mengecilkan perut sebelum tidur yang satu ini sangat sederhana. Posisikan tubuh lurus telentang. Setelah tubuh direbahkan, taruh kedua tangan di belakang leher. Tekuk kaki kanan mendekati dada dan arahkan pundak kiri ke lutut kanan. Untuk kaki kiri tetap lurus namun jangan menempel ke lantai. Setelah itu, lakukan hal yang sama untuk kaki kiri. Tekuk mendekat dada dan dekatkan pundak kanan ke lutut kiri. Hitung hingga sepuluh untuk gerakan saling silang ini. Agar mendapatkan hasil yang efektif, ulangi sebanyak tiga kali setiap sebelum tidur. Tahan otot perut untuk membakar lemak lebih banyak.

5. Leg Crunch

Meski nama latihan ini sama seperti poin sebelumnya, namun gerakannya berbeda. Untuk melakukan leg crunch diperlukan kekuatan otot perut yang lebih. Padahal jika dilakukan latihan leg crunch terlihat lebih sederhana daripada bicycle crunch. Posisi awalnya sama tubuh telentang lurus menghadap atas. Jika posisi tubuh sudah lurus rata dengan lantai, posisikan kedua tangan di belakang leher. Kuatkan otot perut kemudian secara bersamaan angkat kedua kaki ke atas. Luruskan kedua kaki harus ke atas membentuk sudut 90 derajat dengan perut. Angkat bahu seiring dengan kedua kaki yang mengangkat lalu turunkan kembali secara bersamaan. Lakukan gerakan beriringan ini selama 30 detik dan ulangi sebanyak tiga kali.

6. Wide Child Pose

Bagi orang yang rajin melakukan yoga pasti akrab dengan gerakan ini. Wide child pose biasa dilakukan untuk relaksasi setelah gerakan yoga yang dinamis. Latihan ini pun bermanfaat untuk ibu hamil karena merelaksasi otot-otot pinggul. Namun bagi yang sedang ingin membuang lemak di perut, wide child pose pun terbukti efektif. Mulai lah dengan duduk berlutut di atas lantai. Untuk gerakan latihan mengecilkan perut sebelum tidur yang satu ini memang lebih nyaman dilakukan di atas alas, misalnya yoga mat. Posisi duduk harus dengan lutut yang terbuka. Atur jarak antar lutut sesuai kenyamanan. Tahan otot perut kemudian merangkak ke depan dengan posisi tangan lurus hingga menyentuh lantai. Posisi tersebut akan membuat perut dan dada menempel ke lutut. Buat tubuh rileks sambil mengistirahatkan kening di atas lantai. Ambil napas panjang kurang lebih sebanyak tiga kali kemudian angkat tubuh. Ingat, meskipun latihan ini mudah dan terasa rileks, otot perut harus dikencangkan.

7. Sikap Lilin

Jika sudah melakukan gerakan-gerakan di atas, inilah latihan mengecilkan perut sebelum tidur yang terakhir. Sikap lilin cocok dilakukan sebagai penutup dari serangkaian gerakan olahraga sebelum tidur. Selain bermanfaat sebagai peregangan, sikap lilin juga melancarkan peredaran darah seusai latihan. Untuk melakukan sikap lilin diperlukan alas vertikal yang rata, misalnya dinding. Atau jika dilakukan dengan partner, bisa saling membantu dengan cara bergantian. Posisikan tubuh berbaring lurus menghadap atas. Kedua tangan menyangga pinggang di kanan dan kiri. Secara perlahan topang pinggul sambil mengangkat kedua kaki ke atas. Agar kaki tetap terjaga lurus di atas, tempelkan kaki ke dinding atau ujung kaki dipegang oleh partner. Jika otot perut dan tangan cukup kuat, topang pinggul agar tubuh terangkat seiring kaki yang lurus ke atas. Sikap lilin membuat berkeringat karena otot-otot harus menahan beban tubuh sehingga kalori terbakar. Gerakan latihan mengecilkan perut sebelum tidur tidak perlu dilakukan terlalu lama. Setiap gerakan cukup dilakukan sebanyak sepuluh hitungan dengan tiga kali pengulangan. Agar lebih efektif, bisa juga ditarget selama sepuluh hingga lima belas menit setiap harinya. Asal dilakukan dengan rutin, gerakan latihan sederhana dapat memberikan hasil yang memuaskan.