Inilah Alternatif Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi untuk Diet

0
33
Karbohidrat Pengganti Nasi Untuk Diet

Diet merupakan cara membuat berat badan menjadi ideal sekaligus menjauhkan dari resiko penyakit berbahaya akibat obesitas. Banyak orang memilih menghindari nasi putih untuk dikonsumsi, padahal tubuh juga membutuhkan karbohidrat. Lalu apa yang sebaiknya dikonsumsi sebagai asupan karbohidrat selain nasi putih?

Berikut alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi untuk diet yang bisa dicoba:

1. Jagung

Jagung bisa menjadi alternatif karbohidrat pengganti nasi untuk diet. Kandungan serat pada jagung, akan membutuhkan waktu lama untuk dapat dicerna oleh tubuh. Hal ini membuat seseorang yang mengkonsumsinya akan merasakan kenyang dalam waktu lama. Dengan begitu, setelah mengkonsumsi jagung orang cenderung tidak akan makan yang lain dan berefek pada keberhasilan diet.

Tidak hanya serat, jagung juga banyak mengandung vitamin, mineral, fruktosa serta aktioksidan yang pastinya sangat baik untuk tubuh. Ada banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa didapat ketika mengkonsumsi jagung. Diantaranya sebagai pelindung jantung, mencegah serangan anemia, dan mampu mengurangi resiko penyakit wasir.

2. Kentang

Sumber karbohidrat pengganti nasi yang baik untuk yang sedang diet, bisa menggunakan kentang. Bukan hanya karbohidrat, beberapa jenis vitamin juga bisa didapat dari kentang seperti vitamin E, vitamin K, juga Vitamin B dan C. Bagi yang sedang menjalani diet, hendaknya mengkonsumsi kentang hanya dengan cara direbus.

Manfaat lain selain mendukung keberhasilan diet, kentang juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak, dan menurunkan tekanan darah. Kentang juga bisa berperan aktif untuk menutrisi kulit.

Jadi mengkonsumsi kentang, tidak hanya berhasil menurunkan berat badan juga memperoleh kulit yang sehat yang sangat mendukung penampilan.

3. Ubi Jalar

Terdapat beberapa jenis ubi jalar, berwarna putih, kuning dan ungu. Vitamin dan serat banyak ditemukan pada ubi berwarna kuning. Selain karbohidrat, ubi jalar memiliki sejumlah zat yang sangat berguna bagi tubuh. Diantaranya seperti magnesium dan mangan yang baik untuk memelihara kesehatan jantung serta tulang.

Ubi merupakan pengganti nasi yang baik bagi yang sedang diet, karena minim kandungan gula. Selain itu, daripada nasi putih sumber karbohidrat ini cenderung rendah lemak dan kalori. Ubi jalar selain untuk diet, juga bisa digunakan untuk memperlancar pencernaan serta meningkatkan stamina.

4. Sagu

Sagu menjadi makanan pokok oleh masyarakat papua. Tidak ada salahnya bagi yang sedang diet untuk mencoba mengganti nasi dengan sumber karbohidrat ini. Biasanya sagu diolah dulu menjadi tepung sebelum dikonsumsi.

Kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi, dipercaya mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain karbohidrat, sagu juga mengandung beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Diantaranya seperti protein, mineral dan banyak jenis vitamin.

5. Singkong

Karbohidrat pengganti nasi untuk diet juga bisa didapat dari singkong. Singkong sangat mendukung keberhasilan diet selain karena kandungan seratnya yang tinggi juga karena memiliki Indeks Glikemik yang rendah yaitu kurang dari 55. Selain itu, salah satu sumber karbohidrat ini juga cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

Bagi yang sedang menjalani diet, disarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara direbus. Memilih singkong yang baik, yaitu memiliki kulit luar yang berwarna merah muda. Singkong dengan bentuk fisik seperti ini dipercaya memiliki rasa yang lebih empuk dan merekah sempurna sehingga enak untuk dinikmati.

6. Oatmeal

Oatmeal juga disarankan menjadi karbohidrat pengganti nasi untuk diet. Hal ini dikarenakan oatmeal bisa memberikan rasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Cara makan oatmeal pun beragam. Salah satunya dengan mengkombinasikannya dengan susu atau aneka buah buahan.

Selain untuk diet, mengkonsumsi oatmeal juga berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Seperti dapat menurunkan kadar gula dalam darah juga menurunkan kolesterol

7. Beras Merah

Beras merah juga dipercaya mampu menggantikan nasi putih bagi yang sedang diet. Kandungan antosianin pada salah satu sumber karbohidrat ini juga ampuh melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet. Selain karbohidrat, beras merah mengandung banyak serat yang berperan aktif membuat rasa kenyang dapat bertahan lama.

8. Shirataki

Mie shirataki juga bisa digunakan sebagai sumber karhohidrat pengganti nasi untuk diet. Shirataki merupakan sejenis mie namun memiliki kandungan kalori yang sangat minim. Sekitar 97% kandungan mie shirataki sendiri berupa air dan serat. Sehingga mengkonsumsi makanan ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Serat yang banyak dikandung pada shirataki bernama glucomanan, yaitu sejenis serat larut yang baik untuk penderita sembelit. Selain itu jenis serat ini juga dipercaya dapat dengan cepat menurunkan berat badan, dan menjaga kestabilan gula darah.

9. Talas

Talas juga merupakan salah satu karbohidrat pengganti nasi untuk diet yang disarankan. Oleh karena kandungan Indeks Glikemiks di dalamnya hanya sekitar 54 saja. Bagi yang sedang diet, konsumsi talas hanya dengan cara merebusnya saja. Tidak untuk digoreng atau lebih-lebih membuatnya sebagai olahan keripik yang malah memperbanyak kandungan kalori.

Selain karhohidrat yang terkandung hingga 80%, talas juga memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengkonsumsi talas. Seperti menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

10. Gembili

Gembili merupakan jenis umbi umbian yang juga termasuk salah satu karbohidrat pengganti nasi untuk diet. Masa kini gembili semakin jarang ditemukan keberadaannya. Mengolahnya pun sedikit susah karena jika salah terutama dalam membersihkannya, dapat memberikan efek gatal ketika dimakan. Kemungkinan inilah penyebab orang jarang mengkonsumsinya.

Padahal selain untuk diet, gembili memiliki zat yang baik untuk tubuh. Salah satunya kandungan zat inulin. Zat inulin ini sangat berperan dalam meningkatkan kinerja usus sehingga dapat lebih mudah membuang sisa makanan keluar dari tubuh. Inulin juga dipercaya mampu membantu secara optimal penyerapan kalsium oleh tubuh.

11. Sukun

Sukun juga termasuk makanan jenis umbi-umbian yang sudah pasti mengandung karbohidrat. Meskipun begitu, sukun memiliki cukup rendah kadar Indeks Glikemiksnya sehingga cocok untuk yang sedang diet. Sebaiknya konsumsi umbi sukun dengan direbus dengan tujuan agar kandungan nutrisi baik yang terkandung didalamnya tidak banyak terbuang.

Selain karbohidrat, sukun memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan zat ini dapat memberikan efek baik untuk tubuh. Diantaranya untuk memelihara kesehatan ginjal dan menjaga kesehatan jantung.

12. Ganyong

Selain gembili, ganyong juga salah satu jenis umbi umbian yang jarang ditemukan di masyarakat masa kini. Padahal sumber makanan ini juga bisa dijadikan alternatif karbohidrat pengganti nasi untuk diet. Sejak dulu, ganyong memang biasa dimakan untuk pengganti nasi. Kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya dipercaya mampu mengatasi gizi buruk yang dialami para balita.

Selain itu ganyong juga mengandung vitamin C, lemak dan zat besi. Manfaat lain yang bisa didapat ketika mengkonsumsi ganyong yaitu ampuh mengatasi demam. Ganyong juga dapat menjadi obat penenang alami, peluruh bagi yang kesulitan buang air kecil serta dapat membantu menurunkan tekanan darah.

13. Pasta

Pasta juga dapat dijadikan pengganti nasi putih bagi yang sedang diet. Makanan pasta mengandung banyak asam folat dan memiliki sedikit kandungan lemak. Sehingga baik untuk proses penurunan berat badan. Namun ingat bagi yang sedang diet, konsumsi pasta dengan menambahkan banyak jenis sayuran untuk memberikan hasil yang lebih optimal.

Itulah beberapa alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi untuk diet yang bisa dicoba. Saat diet, tentu saja tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi yang bisa didapat selain dari nasi putih.