Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pada Anak

Cara meningkatkan kekebalan tubuh pada anak menjadi informasi penting bagi para orang tua. Masa anak-anak adalah waktu pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Anak-anak akan sangat aktif bergerak untuk memenuhi rasa ingin tahunya.

Akibat aktifnya anak dalam bergerak, sistem kekebalan tubuh anak menjadi menurun. Anak akan mudah terserang penyakit. Memang pada masa anak-anak sistem kekebalan tubuh belum dapat terbentuk dengan sempurna layaknya orang dewasa. Bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh anak? Simak beberapa tips berikut ini:

Hal Yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Sebenarnya cara meningkatkan kekebalan tubuh anak tidak harus pergi ke dokter ataupun meminta resep dokter. Banyak cara yang dapat orang tua lakukan di rumah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak tetap baik. Berikut hal-hal yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak:

1. Pemberian Asi Eksklusif Sejak Dini

Memberikan asi eksklusif sejak dini memang sangat penting untuk kekebalan tubuh anak. Kandungan di dalam asi yang kaya akan protein dapat membentengi tubuh anak dari serangan penyakit. Oleh karena itu, pemberian asi eksklusif adalah tahapan yang tidak boleh dilewatkan. Pemberian asi eksklusif dapat mempengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan anak.

Akan terlihat perbedaan sistem kekebalan tubuh anak yang sedari kecil diberi asi eksklusif, dengan anak yang tidak diberi asi eksklusif. Anak dengan pemberian asi eksklusif akan terbentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat nantinya. Sehingga pemberian asi eksklusif dapat dijadikan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

2. Perbanyak Buah Dan Sayuran

Pemenuhan nutrisi pada makanan adalah langkah penting sebagai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak. Sayuran dan buah-buah adalah makanan yang mengandung banyak gizi. Jadi, untuk para orang tua kenalkan anak dengan sayuran dan buah sejak dini ya! karena hal ini akan sangat bermanfaat. Jangan sampai anak tidak menyukai sayuran dan buah-buahan.

Ketika sistem kekebalan anak sedang turun ataupun sedang flu dan demam, para orang tua dapat memberikan buah-buahan yang mengandung banyak air dan vitamin C. Kandungan ini akan cepat menurunkan demam anak dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak

3. Pemberian Vitamin Tambahan

Vitamin tambahan sering tidak dianggap penting. Para orang tua akan merasa lega ketika kebutuhan nutrisi anak sudah tercukupi melalui makanan saja. Padahal pemberian vitamin tambahan juga penting adanya sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Walaupun proporsi vitamin tambahan tidak banyak, namun hal ini tidak boleh dilupakan ya!

4. Istirahat Yang Cukup

Ketika anak sudah bergerak aktif seharian, tubuh anak akan merasa letih. Namun, kebanyakan anak-anak ingin tetap bermain walaupun badannya sudah merasa letih. Rasa letih yang berlebihan akan menurunkan sistem kekebalan tubuhnya, akibatnya anak akan jatuh sakit.

Oleh karena itu, para orang tua harus disiplin dalam memantau jam istirahat anak. Berilah anak istirahat yang cukup. Dengan istirahat cukup akan  dapat membangun sistem kekebalan di dalam tubuh anak. Tips ini menjadi cara meningkatkan kekebalan tubuh anak paling mudah.

5. Berolahraga Secara Rutin

Pada masa anak-anak, kegiatan olahraga adalah yang paling digemari anak. Ajaklah anak anda untuk berolahraga secara sederhana. Buatlah kegiatan olahraga sambari bermain, agar anak tetap merasa senang. Karena olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh anak.

Kegiatan olahraga adalah salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Melalui olahraga anak akan dipaksa untuk menggerakkan otot dan sendinya agar menjadi lentur. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk menjadi kebugaran anak.

6. Menjaga Kebersihan Tubuh Dan Lingkungan

Lingkungan yang kotor menjadi alasan utama anak mudah terserang penyakit. Banyak bakteri dan kuman pada lingkungan yang kotor dapat membuat sarang penyakit. Maka menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan adalah salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan tepat.

Ajarilah kebiasaan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sejak dini, agar anak menjadi terbiasa hidup bersih. Ajari anak tentang pentingnya gosok gigi demi kebersihan mulut dan gigi. Pentingnya mandi dua kali sehari yaitu pagi dan sore.  Ajari anak untuk membuang sampah pada tempatnya, serta perlunya hidup bersih dan sehat adalah syarat utama kekebalan tubuh anak dapat terjaga.

7. Hindari Asap Rokok dan Asap Kendaraan

Salah satu pemicu lain yang dapat menyebabkan kekebalan anak menurun adalah asap rokok dan debu. Banyak menghirup asap rokok akan menjadikan anak sebagai perokok pasif.

Selain asap rokok, asap kendaraan juga harus dihindari. Asap kendaraan adalah penyebab utama polusi udara. Jadi sudah sangat jelas asap kendaraan tidak baik untuk kesehatan kita dan juga anak. Maka, sebaiknya gunakanlah masker ketika mengajak anak anda keluar rumah. Masker sangat penting digunakan di tengah lingkungan yang penuh polusi.

Polusi menjadi banyak penyebab penurunan kesehatan. Banyaknya debu polusi dapat memberikan banyak kotoran dan virus kepada anak. Sehingga menghindari asap rokok dan debu kendaraan sangat wajib orang tua lakukan, untuk mencegah kekebalan tubuh ana menurun.

Makanan-Makanan Yang Dapat Meningkat Kekebalan Tubuh Anak

Makanan adalah sumber utama dalam cara meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Terdapat beberapa makanan yang terbukti ampuh dalam  meningkatkan kekebalan tubuh anak. Makanan ini biasa mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan anak, sehingga sistem kekebalan tubuh anak tetap terjaga:

1. Susu Kedelai

Susu kedelai terbuat dari ekstrak kedelai murni yang mengandung banyak sekali protein. Protein sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh pada anak. Susu kedelai yang baik adalah susu yang tidak mengandung pemanis buatan. Usahakan para orang tua membuatnya sendiri di rumah ya!

2. Ikan

Ikan adalah makanan bergizi penuh protein yang banyak disukai anak-anak. Penuhilah kebutuhan gizi anak dengan mengkonsumsi ikan dengan cukup.

3. Telur

Telur memang mempunyai segudang gizi, kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu membentuk sistem kekebalan tubuh anak. Dengan memakan telur dengan porsi yang cukup akan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh anak.

4. Madu

Madu memang mempunyai sejuta manfaat. Khasiat madu sudah tidak diragukan lagi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para orang tua dapat memberikan madu kepada anak untuk mencegah penyakit datang. Cara ini juga sudah dianjurkan oleh pengobatan islam lho!

Sebagai orang tua memang tidak dapat mencegah kegiatan anak dalam mengeksplorasi dunia dan rasa ingin tahunya. Namun, bukan berarti para orang tua melalaikan tugas untuk tetap menjaga kesehatan anak. Beberapa pemaparan di atas adalah cara meningkatkan kekebalan tubuh anak yang dapat orang tua lakukan.

Ingatlah bahwa anak-anak masih rentan terhadap penyakit, oleh karena itu penuhilah nutrisi anak dengan baik agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Semoga beberapa cara di atas dapat bermanfaat untuk para orang tua. Dengan mengetahui cara diatas dapat meningkatkan kekebalan anak nantinya.