Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah
Rutinitas sehari-hari sangat padat, namun sering merasa kelelahan? Tubuh melemah? Atau rentan terkena sakit? Itu menunjukkan bahwa daya tahan tubuh sedang tidak fit atau melemah.  Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-sehari loh. Ada beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah agar terlihat sehat dan bugar . Penyebab melemahnya daya tahan tubuh bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, baik secara internal dan eksternal. Daya tahan tubuh yang lemah juga bisa ditandai oleh perubahan pada tubuh secara signifikan. Oleh karena itu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah harus diketahui sejak dini agar bisa memperoleh tubuh yang sehat.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Daya tahan tubuh yang lemah akan berpengaruh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Terutama bagi pelajar dan pekerja. Pelajar dan pekerja harus mempunyai daya tahan tubuh yang bagus untuk menjalankan aktivitas yang padat. Namun sering dijumpai kondisi tubuh yang tidak fit. Oleh karena itu, berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah:

1. Minum Air Putih Secukupnya

Air putih merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh. Tubuh yang kekurangan air akan mengakibatkan tubuh menjadi melemah hingga dehidrasi. Air berfungsi sebagai zat pelarut makanan dan sebagai cairan pengembali energi dalam tubuh. Jadi apabila seseorang kekurangan air maka akan membuat tubuh melemah dan konsentrasi menurun. Air putih harus diminum minimal 8 gelas/ hari. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup tentunya akan membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat. Cara ini merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah secara efektif. Dianjurkan untuk meminum air putih setiap saat agar kondisi tubuh menjadi segar dan bugar.

2. Tidur yang Cukup

Ketika tubuh mengalami cape yang berlebihan atau mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, maka perbaiki waktu tidur. Tubuh yang cape atau lemah harus diistirahatkan sejenak agar bisa kembali bugar dan segar. Jangan memaksakan diri untuk selalu bekerja disaat tubuh sedang tidak fit atau melemah. Disarankan untuk mempunyai waktu tidur 8 jam/ hari. Hal ini tentunya akan memperbaiki kondisi tubuh yang lemah. Tidur yang cukup atau tidur berkualitas akan mengembalikan sistem imun tubuh. Sehingga akan membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat dari sebelumnya.

3. Makan Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat juga berpengaruh terhadap sistem daya tahan tubuh. Apabila terlalu sering makan makanan yang tidak sehat tentunya akan membuat sistem daya tahan tubuh melemah. Hal ini tentunya akan berpengaruh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hindari makanan pinggir jalan yang tidak sehat. Bawalah makanan dari rumah yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Mengapa? didalam menjalankan rutinitas yang padat, tubuh harus diberi makanan yang bergizi agar memperoleh daya tahan tubuh yang bagus. Cara ini merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terlihat segar & bugar.

4. Menghindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk akan mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang. Apabila ingin memperoleh daya tahan tubuh yang bagus maka hindarilah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk itu bisa berupa rokok dan minuman alkohol. Hindari kedua barang ini. Mengapa? karena akan mengakibatkan daya tahan tubuh melemah dan tidak sehat untuk kesehatan tubuh. Disarankan untuk melakukan kebiasaan baik seperti olahraga serta minum air putih yang banyak. Kebiasaan baik ini tentunya akan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Cara ini merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa terlihat segar & bugar.

5. Mengkonsumsi Multivitamin Penambah Daya Tahan Tubuh

Seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, disarankan untuk mengkonsumsi vitamin. Vitamin yang dianjurkan adalah vitamin penambah daya tahan tubuh. Mengapa? selain dapat menambah daya tahan tubuh, vitamin juga berguna untuk kesehatan tubuh. Konsumsi multivitamin secara teratur sesuai dengan takaran. Selain itu lakukan cara yang lain agar memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini tentunya akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan semakin membaik.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Melemah

Setelah mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, yang harus diketahui sebelumnya adalah penyebab daya tahan tubuh melemah. Penyebabnya sangat beraneka ragam. Dimulai dari faktor internal hingga eksternal. Hal ini harus diketahui sebelum mengikuti cara meningkatkan daya tahan tubuh melemah. Berikut penyebabnya:

1. Kondisi Stress

Stress bisa mengakibatkan daya tahan tubuh seseorang menjadi melemah. Stress adalah kondisi dimana seseorang mengalami banyak penekanan pada dirinya. Kondisi seperti ini sangat tidak baik dan harus dihindari. Untuk meminimalisir stress, dianjurkan untuk melakukan rekreasi disetiap weekend agar bisa mengurangi kondisi seperti ini.

2. Kurang Jam Tidur

Kurangnya jam tidur juga akan membuat daya tahan tubuh melemah. Mengapa? Dalam melakukan rutinitas yang padat, tubuh harus memperoleh istirahat yang cukup agar bisa terlihat bugar dan segar. Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja secara extra. Hal seperti ini justru akan membuat daya tahan tubuh melemah.

3. Makan Makanan yang Tidak Sehat

Tanpa disadari makanan yang tidak sehat tentunya akan berpengaruh pada daya tahan tubuh. Semakin sering makan makanan yang tidak sehat maka semakin melemah daya tahan tubuh seseorang. Apabila tidak mau hal ini terjadi, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi 4 sehat 5 sempurna.

4. Kurang Olahraga

Daya tahan tubuh melemah juga bisa diakibatkan oleh kurang olahraga. Untuk memiliki tubuh yang bugar dan sehat maka disarankan untuk olahraga teratur. Semakin tidak pernah olahraga maka akan mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Olahraga bisa dilakukan di rumah dan diluar rumah untuk memperoleh tubuh yang bugar dan sehat.

5. Kurang Air Putih

Penyebab yang terakhir adalah kurangnya asupan air putih. Air putih bermanfaat sebagai cairan untuk mengembalikan energi tubuh. Semakin jarang mengkonsumsi air putih maka akan membuat tubuh semakin melemah. Hal ini tentunya akan mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit.

Tanda-Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah

Tanda-tanda ini harus diketahui oleh semua orang agar bisa menindaklanjuti secara tepat. Mengapa? Daya tahan tubuh yang lemah tentunya akan rentan terkena penyakit. Oleh karena itu ketahuilah tanda-tanda daya tahan tubuh melemah seperti berikut:
  • Berat badan menurun. Tanda yang pertama adalah berat badan menurun. Apabila seseorang mengalami penurunan berat badan secara signifikan maka bisa dikatakan bahwa sistem daya tahan tubuhnya sedang bermasalah. Hal ini tentunya harus bisa ditindaklanjuti agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Sering stress. Seseorang yang sering stress merupakan tanda-tanda daya tahan tubuhnya melemah. Stress merupakan kondisi dimana seseorang banyak mengalami penekanan. Apabila terlalu sering stress tentunya akan membuat daya tahan tubuh menjadi melemah
  • Sering sakit. Tanda daya tahan tubuh melemah yang terakhir yaitu sering sakit. Seseorang yang rentan terhadap penyakit atau sering sakit berarti mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Apabila ini terjadi maka lakukan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah seperti cara diatas. Cara diatas bisa dilakukan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.
Nah, itulah informasi mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, faktor penyebab serta tanda-tanda daya tahan tubuh melemah. Dengan adanya informasi ini tentunya akan membuat masyarakat menjadi lebih tau bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh & bagaimana cara menghindari penyebabnya.