Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi
Mempunyai seorang anak terutama yang masih bayi perlu perawatan ekstra. Bayi yang ketahanan tubuhnya belum sempurna masih mudah terserang virus yang bisa mengakibatkan flu dan batuk. Baik flu maupun batuk juga dapat menjadikan hidung dan tenggorokan bayi menjadi berlendir atau berdahak. Kalau sudah terjadi hal semacam ini, bayi yang belum bisa bicara hanya bisa menangis. Oleh karena itu, bagi para orang tua memerlukan cara mengeluarkan dahak pada bayi berikut ini :

1. Tepuk Punggung Bayi

Pertama dengan meletakkan bayi dalam pangkuan dalam posisi tengkurap kemudian tepuk punggungnya secara perlahan. Jika dahaknya banyak makan akan muntah dan dahak ikut keluar maka sebaiknya lakukan cara ini dalam keadaan bayi belum minum atau makan apapun. Kemudian bisa dilakukan dengan menggendong bayi dalam posisi menghadap ke belakang sambil ditepuk punggungnya untuk membantu mengeluarkan dahak.

2. Menjemur Bayi Setiap Pagi

Bayi yang sering terkena flu atau batuk berdahak bisa jadi karena tubuhnya yang sedang kedinginan. Oleh karena itu, kegiatan menjemur bayi setiap bagi menjadi sangat penting karena dapat menjadikan tubuh bayi lebih hangat. Bayi yang hidung atau tenggorokannya terdapat dahak bisa dijemur di bawah sinar matahari pagi antara pukul 07.00 hingga 08.00. Cukup jemur dalam waktu 10 menit saja. Cara ini dilakukan untuk membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat dan dapat mengencerkan dahak.

3. Memasang Lampu dengan Watt yang Besar

Selain menjemur bayi dengan sinar matahari, bisa gunakan lampu TL 25 watt untuk menghangatkan bayi. Bayi yang hidung atau tenggorokannya berdahak biasanya disertai flu atau batuk yang disebabkan oleh udara dingin. Oleh karena itu, ketika udara sedang dingin maka diperlukan kondisi kamar bayi yang hangat dengan memasang lampu tadi. Dengan suhu ruangan bayi yang selalu terjaga kehangatannya maka dahak pada bayi lebih cepat encer dan mudah dikeluarkan.

4. Menghilangkan Dahak Menggunakan Uap Hangat

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya adalah menggunakan uap yang bisa dilakukan dengan 2 pilihan. Pertama uap dengan bantuan dokter di rumah sakit yang biasa disebut nebulizer. Namun, bagi yang tidak ingin repot ke rumah sakit bisa lakukan cara kedua yakni dengan membuat uap air hangat. Sediakan baskom dan isi dengan air hangat yang dicampurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian dekatkan baskom ke sekitar tempat tidur anak agar udaranya terhirup sehingga dahak mudah untuk dikeluarkan.

5. Memberi Lebih Banyak ASI

Bayi yang sedang flu atau batuk sehingga berdahak bisa jadi karena kekurangan cairan. Oleh karena itu, pemberian ASI yang lebih banyak menjadi sangat penting. ASI merupakan cairan utama bagi bayi. Cairan tersebut akan membantu mengencerkan dahak pada bayi sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, bayi yang banyak diberi ASI juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya dari serangan flu dan batuk.

6. Membersihkan Dahak Menggunakan Alat Pembersih Ingus

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan tadi ada cara mengeluarkan dahak pada bayi yang juga mulai banyak digunakan. Cari yang satu ini yakni dengan menggunakan alat bantu berupa alat pembersih ingus yang banyak beredar di pasaran. Alat ini berbentuk seperti pipet dengan pompa di ujungnya. Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan alat ini yakni dengan menekan pompa dan masukkan ujung lainnya ke hidung bayi. Kemudian lepas pompa secara perlahan untuk menyedok dahak pada bayi.

7. Memakai Obat Tetes Hidung untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi bisa menggunakan cairan obat tetes hidung. Tetes hidung ini merupakan cairan garam fisiologis yang dapat membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Dahak pada bayi yang sulit dikeluarkan bisa jadi sudah mengental sehingga diperlukan cairan untuk mengencerkannya. Oleh karena itu, penggunaan tetes hidung ini juga diperlukan untuk memudahkan keluarnya dahak pada bayi. Dalam penggunaan cairan ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

8. Menggunakan Daun Sirih untuk Membantu Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Daun sirih memiliki banyak khasiat termasuk dalam membantu mengeluarkan dahak pada bayi. Penggunaan daun sirih untuk mengeluarkan dahak pada bayi cukup mudah yakni dengan menyiapkan 4 hingga 5 lembar daun sirih. Kemudian kukus daun sirih, setelah itu dalam kondisi daun sirih yang masih hangat olesi dengan baby balsam mentol. Letakkan daun yang sudah diolesi balsam tadi di dada dan punggung bayi. Diamkan selama 10 hingga 15 menit maka perlahan kehangatan dari daun sirih dapat mengencerkan dahak.

9. Memijat Hidung Bayi untuk Membantu Mengeluarkan Dahak

Cara mengeluarkan dahak pada bayi juga bisa dilakukan dengan melakukan pijatan pada beberapa bagian tubuh bayi. Pertama siapkan minyak telon dan oleskan pada bagian dada kemudian pijat perlahan membentuk hati. Selanjutnya masih pada bagian dada bayi dengan memijatnya dengan posisi menyilang secara bergantian. Terakhir, gunakan telunjuk untuk memijat area bawah mata, atas hidung, belakang telinga, dan leher secara bergantian. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga bayi mengeluarkan lender dari hidungnya.

10. Menidurkan Bayi dengan Posisi Miring atau Tengkurap

Dahak pada bayi juga akan lebih mudah turun dan keluar jika sedikit merubah posisi tidurnya. Salah satunya dengan menidurkan bayi dalam posisi miring atau tengkurap. Posisi tersebut akan lebih memudahkan keluarnya dahak. Namun, saat posisi bayi tengkurap sebaiknya perhatikan posisi hidung jangan sampai terhalang oleh bantal agar bayi tetap nyaman bernafas. Selain itu, tidurkan bayi dalam posisi miring ke kanan atau kiri. Posisi ini juga dapat membantu dahak pada bayi mudah untuk keluar.

11. Membantu Meredakan Dahak pada Bayi Menggunakan Madu

Cara yang satu ini diperuntukkan bagi bayi di atas usia 12 bulan yakni dengan menggunakan madu. Madu dapat membantu meredakan dahak pada bayi agar dapat tidur lebih nyaman. Caranya dengan mencampurkan beberapa sendok madu dengan teh hangat. Madu dipercaya dapat menghangatkan tubuh sehingga dapat membantu mengencerkan dahak. Selain itu, madu juga bersifat anti inflamasi dan peradangan sehingga sangat baik untuk digunakan pada bayi untuk membantu meredakan dahak.

12. Menghubungi Dokter

Cara terakhir untuk membantu mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menghubungi dokter. Jika beberapa cara sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil maka sebaiknya segera bawa bayi ke dokter. Dahak yang berangsur-angsur akan membuat bayi selalu rewel karena merasa tidak nyaman. Sebaiknya hubungi dokter untuk penanganan yang lebih serius agar bayi sehat kembali. Itulah 12 cara mengeluarkan dahak pada bayi yang dapat dijadikan pilihan. Bayi yang belum bisa bicara hanya bisa menangis saat merasakan hal-hal yang tidak nyaman dalam tubuhnya. Salah satunya dengan gangguan dahak pada hidung dan tenggorokannya. Jika tidak segera diatasi, dahak pada bayi dapat mengganggu tidurnya dapat bayi menjadi rewel. Oleh karena itu, perlu beberapa cara yang dapat dipilih untuk membantu menangani dahak pada bayi.