Yuk Kenali Penyebab Dan Cara Mencegah Mata Minus

47
Cara Mencegah Mata Minus

Mata minus merupakan kondisi kelainan di retina mata yang tidak mampu menangkap cahaya. Oleh  sebab itu, mata tidak dapat memiliki fokus yang jelas pada benda yang jaraknya jauh. Saat ini, mata minus biasa dialami oleh anak-anak dan remaja usia sekolah. Untuk mengatasi mata minus, opsinya adalah menggunakan kacamata atau operasi lasik. Ternyata, Mata minus ini masih dapat di deteksi dan dicegah sedari dini. Berikut adalah penyebab dan  cara mencegah mata minus yang bisa dicoba:

Penyebab Dari Mata Minus

Untuk dapat mencegah mata minus, ketahui apa saja penyebab dari mata minus. Dengan mengetahui penyebab mata minus, mata minus dapat dihindari. Berikut adalah berbagai penyebab dari mata minus :

1. Pengaruh Genetik

Sebuah penelitian menyatakan bahwa ada 40 gen yang dapat  meningkatkan resiko  mata minus. Apabila salah satu orangtua mengalami rabun jauh, kemungkinan anaknya juga akan mengalami mata minus. Resikonya akan lebih besar jika kedua orangtua sama-sama bermata minus. Meskipun begitu, masih ada harapan untuk menjaga mata agar lebih sehat.

2. Kebiasaan Buruk Saat Membaca

Membaca buku sambil berbaring memang menyenangkan. Namun hati-hati, membaca buku sambil berbaring plus dengan pencahayaan minim dapat mengganggu kesehatan mata. usahakan membaca sambil duduk dan pencahayaan yang baik.

3. Sering Menggunakan Mata Dalam Jarak Dekat

Hati-hati apabila mempunyai kebiasaan membaca, menulis, dan bermain gadget yang terlalu dekat ke mata. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko mata minus. Jarak membaca  yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah sekitar 40 cm dari mata.  Jadi, biasakan melakukan aktivitas  yang menggunakan mata dengan jarak tersebut.

4., Jarang Keluar Rumah

Jarang melakukan aktivitas diluar juga merupakan salah satu penyebab mata minus menurut penelitian. Hal itu disebabkan karena tingkat cahaya dalam ruangan dan di luar ruangan berbeda. Mata akan terbiasa dengan cahaya rumah yang lebih gelap daripada diluar, resiko mata minus semakin besar.

Selain mengetahui penyebab, gejala mata minus juga patut dikenali. Apabila mata terasa cepat lelah dan tegang serta  kepala pusing, saatnya periksakan diri ke dokter mata.

10 Cara Mencegah Mata Minus

Mata minus bisa dicegah dengan berbagai cara. Cara mencegah mata minus ini tergolong mudah dan dapat dipraktekkan sendiri dirumah. Berikut 10 cara mencegah mata minus yang dapat dicoba:

1. Melihat Pemandangan Hijau

Melihat pemandangan merupakan salah satu cara untuk menyegarkan pikiran. Ternyata melihat pepohonan berwarna hijau juga turut mempengaruhi kesehatan mata. Warna hijau memberikan respon ketenangan terhadap otak sehingga mata dapat bekerja lebih santai.

Selain itu, warna hijau juga lebih nyaman untuk mata karena tidak memantulkan sinar ultraviolet dari matahari ke mata. Cara memanfaatkan pemandangan hijau yang dapat dilakukan adalah alihkan pandangan ke pemandangan hijau yang jauh selama kurang lebih 10 menit.

2. Berlatih Fokus Mata

Cara ini dapat anda lakukan saat anda menikmati pemandangan alam. Misalnya, berlatih melihat daun-daun yang berada didepan anda, lalu beralih ke pemandangan lain di sekitarnya. Tidak hanya di pemandangan alam saja, latihan ini juga dapat dipraktekkan dirumah dengan barang-barang sekitar.  Berlatih fokus mata itu penting agar mata tetap dapat memiliki fokus yang bagus terhadap jarak jauh.

3. Kompres Mata Dengan Susu Saat Mata Lelah

Mata yang lelah juga merupakan pemicu dari mata minus. Saat anda merasa mata lelah karena terus melihat gadget, cobalah tenangkan dengan susu. Caranya, rendam kapas dengan susu cair dingin. Setelah kapas terendam semua, taruh kapas di mata selama beberapa menit. Setelah itu, mata akan kembali segar dan kembali siap beraktivitas.

4. Hindari Kebiasaan Membaca Sambil Berbaring

Seperti yang sudah dijelaskan di penyebab mata minus, membaca sambil berbaring dapat memperbesar resiko mata minus. oleh karena itu, ubah kebiasaan ini dengan membaca sambil duduk tegak. Membaca dengan postur tubuh yang baik juga akan membantu menjaga postur tubuh.

5., Lakukan Aktivitas Di Luar Rumah

Beraktivitas di luar rumah dapat membantu menjaga kesehatan mata. cahaya luar yang cerah kan membantu mata bekerja lebih optimal. Mata juga akan melihat pepohonan, pemandangan yang indah, dan lain-lain. Tidak hanya itu, sering beraktivitas diluar rumah akan membuat anda mudah bersosialisasi, menyegarkan pikiran, dan lain-lain.

6. Makan Makanan Yang Mengandung Beta Karoten

Beta karoten adalah pigmen tanaman yang berwarna merah, kuning atau oranye. Fungsi dari beta karoten ini adalah menghasilkan antioksidan dan  menghasilkan vitamin A yang baik untuk mata. sumber beta karoten yang terkenal adalah wortel.

Namun, beta karoten juga dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran seperti ubi jalar, bayam, aprikot dan melon. Makan makanan yang mengandung betakaroten dapat membantu memperkecil resiko mata minus, katarak, dan rabun ayam.

7. Kompres Mata Dengan Air Daun Sirih

Daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah mata minus. Caranya, Rebuslah lima sampai tujuh  daun sirih. Setelah air rebusan mendidih, angkat dan biarkan hingga hangat. Setelah agak hangat suam-suam kuku, rendam mata dengan mengedipkan mata di dalam air daun sirih selama 5-10 kali. Ulangi selama 2-3 menit selama seminggu dua kali. Apabila kegiatan ini dilakukan rutin, niscaya penglihatan mata akan menjadi lebih cerah.

8. Melakukan Senam Mata

Ada beberapa gerakan senam mata yang dapat membantu mengurangi resiko mata minus. gerakan ini cukup mudah dan dapat dipraktekkan sendiri. berikut gerakannya:

  • Lakukan pemanasan. Caranya, Berbaring, lalu pejamkan mata. gosok telapak tangan lalu taruh ke mata.
  • Pijat mata dengan arah memutar secara perlahan lima sampai sepuluh kali.
  • Latihan kejut mata sambil melotot.
  • Memutar bola mata arah ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Masing-masing dilakukan sebanyak 5-10 kali.
  • Melirik ke kiri dan ke kanan , atas dan bawah. Lakukan hal ini selama 5-10 hitungan.
  • Menjulingkan mata sebanyak 5-10 kali.

Lakukan latihan-latihan senam mata ini secara rutin. Niscaya mata anda akan menjadi lebih sehat dan penglihatan menjadi terang. Senam mata ini juga berfungsi untuk membuat mata lebih rileks dan menguatkan otot mata.

9. Biarkan Mata Beristirahat

Saat mata anda terasa lelah saat melaksanakan aktivitas, biarkan mata istirahat sejenak. Pejamkan mata sesaat atau berlatih fokus juga dapat membantu mata beristirahat. Cukup butuh beberapa detik memejamkan mata, anda sudah dapat melaksanakan aktivitas kembali. Intinya, jangan memaksakan mata anda untuk selalu bekerja.

10. perbaiki Lampu Di Rumah Apabila Cahayanya Kurang Baik

Hal ini jarang diperhatikan padahal sangat penting. Cahaya lampu yang redup sangat berpengaruh bagi kesehatan mata. Cahaya redup membuat mata bekerja lebih keras sehingga akan cepat rusak. Tentu akan sangat berbahaya bagi anak-anak dan remaja yang masih sekolah apabila belajar dengan lampu yang redup cahayanya. Maka dari itu, usahakan lampu yang digunakan memiliki cahaya yang baik. Lebih baik gunakan lampu berjenis LED daripada lampu pijar kuning karena cahayanya lebih terang.

Demikian penyebab dan cara mencegah mata minus. Semoga pemaparan diatas dapat menambah wawasan anda dan membantu memperkecil resiko mata minus.