Cara Membentuk Otot Lengan Tanpa Alat
Otot lengan besar dan berisi merupakan keinginan dan impian banyak orang. Namun, banyak orang yang terpaku bahwa membentuk otot lengan membutuhkan alat latihan fisik yang mahal. Padahal untuk membentuk otot lengan sendiri dapat dilakukan tanpa alat apapun. Cara membentuk otot lengan tanpa alat juga dapat dilakukan dengan beberapa gerakan mudah. Untuk membuat otot lengan menjadi lebih besar hanya membutuhkan berat badan yang seimbang. Hal ini karena berat badan yang menjadi acuan latihan. Kelebihan berat dapat disalurkan ke otot. Berikut adalah gerakan yang dapat dilakukan untuk membentuk otot lengan tanpa alat:

1. Bear Crawls

Gerakan bear crawls merupakan gerakan yang bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Gerakan ini secara tidak langsung dapat melatih otot dalam waktu bersamaan. Untuk memulai melakukan gerakan bear crawls ada baiknya melakukan push up terlebih dahulu. Push up membantu pemanasan otot-otot lengan. Bear crawls dilakukan dengan cara memposisikan siku tangan lurus ke lantai dan lutut kaki juga lurus. Kemudian, secara perlahan merangkaklah maju dengan kaki dan tangan. Apabila kaki kanan yang melangkah maju duluan, maka tangan kiri maju mengikuti kaki kanan. Begitu pula sebaliknya dimana jika kaki kiri yang maju melangkah, maka tangan kanan mengikuti. Posisi pantat selalu diusahakan tetap di atas selama bergerak melangkah. Kemudian, siku tangan dan lutut kaki dipastikan tetap lurus. Ulangi gerakan ini beberapa kali untuk memperoleh hasil yang optimal.

2. Push Up

Push up merupakan salah satu gerakan olahraga yang sudah tidak asing lagi untuk didengar. Latihan fisik ini seolah sudah mulai dikenal ketika duduk di bangku sekolah dasar. Gerakan push up berguna untuk membentuk otot bahu, dada dan otot trisep. Namun rangkaian gerakannya berbeda antara pria dan wanita. Banyak orang mengatakan bahwa gerakan push up adalah inti dari suatu latihan untuk membentuk otot. Hal ini karena gerakan push up memiliki tekanan kuat yang fokus pada pembentukan otot. Tak heran jika push up merupakan salah satu cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness. Push-up dapat dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan dan kaki di lantai dengan sejajar. Setelah itu, turunkanlah tubuh secara perlahan hingga dada hampir menyentuh lantai. Kemudian, lindungi bahu dengan menjaga siku tetap berada di samping tubuh. Lakukan gerakan ini secara berulang untuk hasil yang optimal dan memuaskan.

3. Latihan Gerakan Arm Cycle

Latihan arm cycle merupakan salah satu cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness lainnya. Pada latihan ini merupakan latihan yang tidak seberat dan seaktif latihan lain seperti push up. Meskipun begitu, latihan arm cycle secara rutin terbukti dapat membentuk otot lengan. Arm cycle bertujuan untuk membesarkan otot lengan sehingga otot memiliki bentuk yang bagus. Gerakannya pun cukup mudah yaitu dengan melatih lengan dengan memutar seperti huruf O. Latihan secara rutin dapat membuahkan hasil yang maksimal yang berbuah pada bentuk otot lengan sesuai dengan keinginan.

4. Tricep Dips

Tricep Dips meskipun tidak menggunakan alat apapun, namun untuk melakukannya dibutuhkan kursi atas meja kecil sebagai tempat bersandar. Gerakan tricep dips dapat dilakukan dengan meletakkan kedua tangan pada tepian kursi dengan jarak yaitu selebar bahu. Kemudian, pastikan bahwa buku-buku jari menunjuk lurus ke depan. Setelah itu, tekuk kaki, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan posisi punggung tetap dalam keadaan lurus. Pada saat menurunkan tubuh posisi lengan siku harus membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, tahan selama beberapa saat sebelum kemudian tubuh dinaikkan kembali. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali agar terbentuk otot lengan sesuai yang diinginkan. Untuk hasil yang maksimal dapat dengan melakukan gerakan ini secara rutin. Latihan rutin dapat berdampak pada terbentuknya otot lengan sesuai yang diinginkan. Pastikan juga bahwa meja atau kursi yang digunakan untuk sandaran itu kokoh. Usahakan untuk menggunakan kursi kayu agar kuat menahan beban badan. Namun jika plastik, pastikan bahannya kuat.

5. Gerakan Close-Grip Push Up

Gerakan close-grip push up merupakan cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness yang lain. Pada gerakan ini membantu membesarkan otot lengan sehingga dapat terbentuk otot lengan sesuai yang diinginkan. Latihan close-grip push up terbilang sebagai latihan efektif untuk membesarkan otot lengan secara alami. Gerakan ini dilakukan dengan cara memposisikan diri seperti melakukan push up biasa. Usai memposisikan diri pada sikap push up, buat jarak antara tangan kanan dan tangan kiri tidak boleh melewati bahu. Usahakan posisi tangan kanan dan tangan kiri berada di dalam bahu. Posisikan kepala menghadap ke lantai dan tahan perut agar tidak menyentuh lantai. Lalu, turunkan tubuh secara perlahan dengan cara menekuk siku. Selanjutnya, berhenti sejenak ketika posisi lengan telah sejajar dengan lantai. Kemudian, kembali ke posisi awal. Ulangi langkah tersebut beberapa kali untuk hasil maksimal. Latihan rutin dapat membentuk otot lengan sempurna.

6. Triceps Down Dog

Gerakan selanjutnya untuk membentuk otot lengan dengan membesarkannya adalah triceps down dog. Cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness ini dapat dilakukan dengan memposisikan tubuh seperti saat melakukan plank. Pastikan jari kaki dan kedua telapak tangan menyentuh lantai. Gunakan kedua lengan siku yang ditekuk untuk menopang tubuh agar tidak jatuh. Setelah melakukan cara tersebut, lalu naikkan pinggul dengan tetap menjaga posisi kedua tungkai dan lengan lurus. Perlu diperhatikan ketika menaikkan pinggul, telapak kaki haruslah tetap menyentuh lantai. Tahan beberapa detik untuk kemudian kembali ke posisi awal plank. Ulangi gerakan yang sama hingga sepuluh kali. Untuk memperoleh hasil yang maksimal disarankan untuk melakukan latihan ini secara rutin. Selain itu, usahakan badan dalam kondisi sadar dan tidak sakit agar tidak terjadi cidera. Apabila belum pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya, dapat menggunakan matras, agar ketika jatuh tidak terasa sakit.

7. Gerakan Chin-up

Salah satu cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness selanjutnya yang dapat dilakukan di rumah adalah chin up. Latihan chin up secara rutin dapat membesarkan otot lengan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara bergelantungan di tempat tinggi. Untuk tempat bergelantungannya sendiri dapat dilakukan di kusen pintu dengan kedua tangan. Terdapat dua cara untuk melakukan gelantungan ini. Meletakkan telapak tangan menghadap tepat ke wajah merupakan cara awal. Kemudian cara selanjutnya yaitu dengan menempatkan telapak tangan dengan arah yang berbeda atau dibalik. Usahakan untuk melakukan latihan chin up setiap minggu dan menambah jumlah setnya. Latihan tiap minggu dapat membantu membentuk otot. Demikian ulasan mengenai cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness. Gerakan di atas dapat membantu membesarkan otot lengan yang berpengaruh pada bentuk otot. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dapat melakukan latihan secara rutin. Tidak perlu setiap hari, namun terjadwal setiap minggu pasti melakukannya. Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi sehat.