Cara Agar Cepat Melahirkan Usia Sudah 37 Minggu
Kehamilan merupakan kebahagiaan tersendiri yang akan dirasakan oleh suatu keluarga, khususnya bagi para calon orang tua. Untuk masa persalinan, biasanya akan terjadi pada bukan kesembilan dari usia kandungan. Semakin tua usia kandungan biasanya akan terjadi gejala-gejala sebelum persalinan. Beberapa cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu dapat dilakukan oleh calon ibu. Calon ibu yang mengandung buah hatinya pastinya akan merasakan berbagai kejadian yang sering dialami oleh ibu hamil. Apalagi jika sudah memasuki minggu-minggu persalinan, pastinya akan ada tanda-tanda menjelang persalinan. Maka dari itu, kali ini akan diulas mengenai 8 cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu.

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan yang sehat yang dikonsumsi pasti akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat pada makanan yang bergizi akan sangat bermanfaat dan membantu tubuh memprosesnya dengan baik sehingga tubuh pun akan menjadi sehat. Makanan yang sehat juga sangat penting untuk ibu hamil terutama yang sedang memasuki masa yang dekat dengan persalinan. Makanan yang sehat dan pastinya memiliki kaya gizi harus dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain untuk ibu hamil, makanan yang bergizi dan sehat juga dibutuhkan untuk calon bayi yang dikandungnya. Ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, protein dan susu yang jauh dari bahan kimia dan pengawet. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, pastinya akan membuat kandungan menjadi sehat dan akan mendukung untuk persalinan secara normal.

2. Berjalan Kaki

Ibu hamil yang sering bergerak ,misalnya dengan berjalan kaki, akan memberikan dampak yang bagus untuk calon bayi yang dikandungnya. Gerakan saat berjalan kaki akan sangat membantu kepala bayi yang dikandung untuk berada di daerah serviks. Dengan begitu, akan sangat membantu saat persalinan yang dapat mudah dilakukan secara normal. Manfaat yang didapatkan saat berjalan kaki bagi ibu hamil sudah dipercaya sejak dahulu. Sudah terbukti jika gerakan berjalan kaki akan memudahkan persalinan. Apalagi jika dilakukan saat usia kandungan sudah memasuki masa persalinan. Berjalan kaki sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena akan membuat persalinan menjadi lebih cepat. Biasanya saat pembukaan belum lengkap, ibu hamil akan disarankan untuk berjalan kaki. Dengan berjalan kaki saat usia kandungan sudah tua akan sangat membantu calon bayi untuk keluar dalam persalinan secara normal.

3. Minum Air Putih Secara Teratur

Minum air putih yang cukup akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sangat perlu diperhatikan takaran jumlah air putih yang diminum untuk ibu hamil. Lebih baik lagi jika mengkonsumsi air yang cukup dan juga diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi bagi ibu hamil. Salah satu gejala yang akan dialami oleh ibu hamil biasanya yaitu sering buang air besar dan kecil. Maka dari itu, air putih harus dikonsumsi rutin setiap harinya. bukan hanya untuk ibu hamil saja, bahkan air putih juga sangat penting untuk semua orang. Air putih akan sangat membantu mengatasi dan juga menghindar dehidrasi yang mungkin akan terjadi pada ibu hamil.

4. Meditasi

Salah satu cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu yaitu dengan melakukan meditasi. Banyak orang yang melakukan meditasi hanya untuk sekedar melepas lelah ataupun untuk menjaga kesehatan mental. Meditasi dapat dilakukan untuk siapa saja namun harus dilakukan dengan benar. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan meditasi. Meditasi memang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk kesehatan mental. Manfaat yang didapatkan bagi ibu hamil yang melakukan meditasi sangatlah banyak. bukan hanya kesehatan mental yang akan didapatkan. Namun, dengan melakukan meditasi juga akan memudahkan dan mempercepat proses persalinan. Dengan melakukan meditasi, akan terhindar dari stress yang mungkin dialami oleh ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat dari meditasi untuk ibu hamil, meditasi harus dilakukan dengan benar. Sehingga manfaat dari meditasi akan membuat ibu hamil siap menghadapi proses persalinan. Sebaiknya, lakukan meditasi di tempat yang tenang agar pikiran ibu hamil terhindar dari stress dan ketegangan.

5. Tidak Begadang

Menjauhi begadang juga merupakan salah satu cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu. Begadang memang akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindar begadang karena akan memperburuk kondisi kesehatan dan juga janin yang dikandung. Sebaiknya, ibu hamil mencukupi jam tidur yang cukup yaitu 8 jam. 8 jam untuk tidur merupakan jumlah tidur yang normal untuk semua orang. Tidur yang cukup akan membuat tubuh beristirahat setelah beraktivitas seharian dan merehatkan pikiran sejenak. Selain itu, tidur yang cukup akan membantu bayi untuk lahir secara normal.

6. Santai dan Jauhi Stress

Cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu antara lain dengan membuat pikiran menjadi lebih santai dan menjauhi stress yang mungkin sering terjadi pada ibu hamil. Biasanya menjelang kelahiran si calon buah hati, ibu hamil mudah mengalami stress. Banyak asumsi yang muncul dan pikiran negatif mengenai persalinan yang akan terjadi. Stress akan membuat calon bayi juga ikut merasakan stres yang dialami ibu hamil. Dampak yang ditimbulkan dari stres yang dialami ibu hamil sangat berbahaya untuk ibu hamil dan juga kesehatan bayi yang dikandung. Stress juga akan menghambat persalinan yang akan dilakukan. Ada banyak cara sebenarnya untuk menghindari stress bagi ibu hamil. Misalnya dengan mendengarkan musik klasik atau dengan membaca kitab suci, sharing bersama kerabat mengenai kehamilan, ataupun dengan berinteraksi dengan suami. Masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menghindari stres. Namun, perlu diperhatikan agar kegiatan yang dilakukan tidak memberatkan dan membahayakan bagi ibu hamil dan kandungannya.

7. Senam Hamil

Senam hamil juga merupakan cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu. Melakukan senam hamil akan membuat kandungan dan kesehatan ibu hamil menjadi lebih sehat dan memudahkan persalinan nantinya. Ibu hamil tidak perlu melakukan gerakan yang berat atau yang menyusahkan. Ada beberapa gerakan dan juga olahraga yang cocok untuk ibu hamil dan juga janinnya. Selain senam ibu hamil, yoga untuk ibu hamil merupakan gerakan yang sangat tepat untuk kesehatan ibu hamil. Yoga akan membuat ibu hamil menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres yang akan dialami. Ibu hamil yang melakukan yoga dan senam hamil secara rutin akan membuat persalinan yang dilakukannya menjadi lebih mudah.

8. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi ke dokter juga merupakan cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu yang sangat tepat dilakukan. Dokter akan membantu mengatasi masalah atau kesulitan yang dihadapi ibu hamil menjelang persalinan si calon buah hati. Selain itu, dengan berkonsultasi pada dokter kandungan akan memunculkan solusi yang tepat untuk dilakukan ibu hamil. Ketika konsultasi ke dokter, biasanya kandungan juga akan diperiksa. Disini ibu hamil dapat mengetahui apakah bayi sudah siap lahir ataupun mengenai kondisi bayi yang dikandungnya. Minta juga beberapa saran dan tips dari dokter untuk membuat persalinan menjadi lancar dan mudah dilakukan. Inilah beberapa cara agar cepat melahirkan usia sudah 37 minggu yang dapat dilakukan ibu hamil yang sedang memasuki masa menjelang persalinan. Hindari stress dan terus konsumsi makanan yang bergizi untuk mendukung kesehatan bayi yang dikandung. Jangan lupa untuk minta doa kepada kerabat dan keluarga agar persalinan dapat berjalan dengan lancar.