Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian
Perjuangan memiliki anak tidak berhenti saat melahirkan. Setelah proses melahirkan ada proses menyusui. Kesehatan bayi tergantung dari tindakan Ibu dalam memilah nutrisi. Pertanyaannya bolehkah Ibu menyusui makan durian? Jawabannya ada di ulasan berikut ini. Durian menjadi favorit untuk sebagian orang. Harganya kadang sedikit fantastis, namun masyarakat tetap memiliki keinginan untuk membelinya. Termasuk saat seorang Ibu dalam proses menyusui. Durian pada dasarnya diperbolehkan untuk siapapun. Simak ulasan berikut ini untuk dapatkan jawabannya.

Kandungan Buah Durian

Bolehkah Ibu menyusui makan durian? Jawabannya ada dalam kandungan durian itu sendiri. Dari sini, Ibu menyusui bisa menepis ketakutan yang berarti karena makan buah durian. Kandungan durian tidak kalah dengan buah lainnya. Sebab itu, banyak Ibu menyusui yang tergiur. Berikut adalah kandungan yang dimiliki buah durian yang wajib diketahui.

1. Serat

Pertanyaan bolehkah Ibu menyusui makan durian dijawab dengan kandungan pertama dari durian yaitu serat. Serat memiliki manfaat penting dalam pencernaan. Ibu menyusui juga memerlukan kandungan ini. Bayi juga dapat merasakan manfaat serat ini secara tidak langsung melalui ASI yang diberikan oleh Ibu. Serat di dalam durian kurang lebih 9,2 gram. Durian dengan kandungan seratnya dapat membuat Ibu menyusui makin sehat. Semakin banyak serat yang dimiliki semakin sehat kondisi yang dimiliki sang Ibu. Namun perlu digaris bawahi bahwa serat yang diserap tubuh perlu diolah sebaik mungkin agar tidak menjadi timbunan lemak yang justru membuat tubuh terlihat gemuk.

2. Antioksidan

Kandungan durian lainnya adalah antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah penyakit datang. Alasan Ibu menyusui diperbolehkan makan durian adalah karena ini juga. Ibu yang masih memiliki anak menyusui rentan terkena penyakit. Untuk itu, makan durian tidak ada salahnya untuk membantu kekebalan tubuh meningkat. Antioksidan bekerja lebih manjur pada buah-buahan termasuk durian. Ibu menyusui tidak perlu menahan untuk memakan buah durian. Antioksidannya malah bisa membuat sang Ibu makin sehat. Bayi juga akan merasakan perubahan sang Ibu yang lebih baik lagi setelah makan buah durian.

3. Fosfor

Kandungan ketiga dalam durian adalah fosfor. Pertanyaan bolehkan Ibu menyusui makan durian dijawab oleh kandungan satu ini. Biasanya, ada sebagian Ibu yang berhenti mengkonsumsi susu kehamilan. Salah satu kandungan susu yaitu fosfor padahal penting sekalipun setelah melahirkan. Untuk itu, makan buah durian bisa menjadi salah satu penggantinya. Otot, saraf, ginjal, dan bagian tubuh lainnya bisa terbantu dengan kandungan satu ini. Buah durian mengandung fosfor yang lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Memilih durian untuk dimakan tidak dilarang, justru sangat dianjurkan. Dengan kandungan fosfor 39 miligram, makan durian malah bisa menjamin kesehatan sang Ibu.

4. Kalium

Berlanjut pada kandungan satu ini, durian masih dianjurkan untuk dimakan. Kalium bermanfaat untuk menekan darah tinggi yang dimiliki sang Ibu. Sama halnya dengan fosfor, kalium juga berguna untuk otot dan saraf yang dimiliki sang Ibu. Durian mengandung 436 miligram kalium yang cukup bermanfaat bagi Ibu menyusui maupun bayi yang dimiliki. Kualitas ASI bisa ditingkatkan dengan makan durian. Tumbuh dan kembang bayi malah bisa terlambat jika Ibu menyusui tidak memakan makanan yang mengandung kalium termasuk di dalam buah durian itu sendiri. Dengan diperbolehkannya makan durian, Ibu menyusui bisa  merasakan manfaat durian, begitu juga dengan sang bayi.

5. Vitamin

Vitamin di dalam durian terdiri mulai dari vitamin A, vitamin B,  vitamin C, dan lain sebagainya. Kadar vitamin dalam durian cukup tinggi sehingga malah dianjurkan untuk Ibu menyusui. Vitamin didukung dengan protein dan asam folat yang juga terkandung di dalam durian. Dukungan ketiganya dalam bentuk menekan tingkat stress pada Ibu menyusui. Vitamin yang dominan ada di durian adalah vitamin B6. Ada juga vitamin yang disebut untuk kecantikan kulit yaitu vitamin E. Efek dari vitamin nantinya tentu tidak hanya dirasakan sang Ibu. Makan durian boleh-boleh saja untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dimiliki melalui kandungan vitaminnya.

6. Glukosa

Meskipun kadar glukosa di dalam buah durian cukup tinggi, manfaatnya cukup besar bagi tubuh. Kadar glukosa di dalam buah durian sebesar 357 kalori. Ibu menyusui tetap diperbolehkan mengkonsumsi buah durian dengan kadar glukosa sebesar itu. Sang bayi juga dapat merasakan kadar glukosa dari dalam buah durian melalui ASI sang Ibu. Didukung dengan kandungan energi total bisa mencapai sekitar 140 kalori, glukosa bisa menyeimbangi kandungan lainnya juga. Ketahanan tubuh Ibu menyusui bisa meningkat. Sang bayi juga tidak akan ketinggalan untuk meningkatkan ketahanan tubuh yang dimiliki. Meskipun glukosa bisa memancing darah tinggi, namun tetap diperlukan untuk tubuh.

7. Karbohidrat

Kandungan pokok atau kandungan yang dianggap paling penting dari bahan makanan adalah karbohidrat. Di dalam buah durian terdapat kandungan karbohidrat yang menjanjikan. Cocok untuk kesehatan Ibu menyusui dan bayi yang dimiliki. Kadar karbohidrat di durian satu biji saja bisa menahan lapar seharian. Kandungan karbohidrat berkaitan erat dengan  kandungan lemak. Baik lemak ataupun karbohidrat saling melengkapi satu sama lain. Untuk sang bayi sendiri malah sangat membutuhkan kandungan ini. Oleh karena itu, jangan takut untuk memakan durian. Gemuk karena karbohidrat dan lemak merupakan hal wajar. Jangan ragu untuk makan durian sembari menyusui buah hati.

8. Gas Dan Alkohol

Kandungan durian satu ini menjadi hal yang ditakuti oleh sebagian orang. Semakin banyak durian yang dikonsumsi, ditakutkan dapat membuat tubuh menjadi mabuk. Gas dan alkohol menjadi alasan diperbolehkan durian dikonsumsi Ibu menyusui karena jika memakan durian dalam porsi secukupnya, gas dan alkohol tidak menimbulkan efek yang berarti. Kandungan gas dan alkohol ini yang kadang malah memancing masyarakat untuk mengkonsumsinya. Ibu menyusui juga tidak ketinggalan tertarik dengan aroma yang ditimbulkan buah durian sebagai buah favorit masyarakat. Semakin pekat gas dan alkohol yang dikandung, aromanya akan semakin memancing dan harganya pun juga mengikuti.

Tips Ibu Hamil Dalam Makan Durian

Bolehkah Ibu menyusui makan durian? Ternyata ibu menyusui diperbolehkan makan durian, namun tetap dalam ukuran yang wajar. Beberapa kandungan justru membuat buruk pada kesehatan Ibu maupun bayi. Untuk itu, disarankan memakan durian secukupnya saja. 1 buah durian utuh sudah cukup dikonsumsi dalam sehari. Memilih durian juga jangan asal. Bisa meminta dicoba terlebih dahulu sebelum pasti membeli. Melahirkan seorang anak adalah kebahagiaan tersendiri apalagi bagi seorang Ibu yang baru saja membangun rumah tangga. Bolehkah Ibu menyusui makan durian menjadi pertanyaan yang sesekali muncul di benak sang Ibu. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah diperbolehkan. Alasannya karena kandungan durian itu sendiri yang sudah dijelaskan di atas. Kesimpulan pertanyaan dari bolehkah Ibu menyusui makan durian? Jawabannya membuat Ibu bernafas lega. Keinginan untuk makan durian tidak tertahan karena proses menyusui yang sedang dijalani. Makan buah durian untuk ibu hamil boleh karena memiliki kelebihan yaitu bisa membantu proses tumbuh dan kembang bayi. Untuk itu, hilangkan keraguan untuk makan durian dan tepis ketakutan karena makan buah yang menjadi favorit tersebut.