Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi
Kopi menjadi salah satu minuman wajib bagi beberapa orang. Memang ada yang banyak merasa ‘kurang’ jika tidak mengkonsumsi kopi. Hanya saja bagaimana jika yang ingin mengkonsumsi kopi adalah ibu hamil? Ini kemudian menimbulkan pertanyaan, sebenarnya bolehkah ibu hamil minum kopi? Ada banyak ibu hamil maupun yang bukan ibu hamil kemudian penasaran dengan jawabannya. Memang ada banyak pendapat seputar hal ini. Lebih lengkap seputar kopi dan ibu hamil akan dibahas di sini. Tentunya ulasan seputar kopi dan ibu hamil ini juga sekaligus untuk menjawab pertanyaan, bolehkah ibu hamil minum kopi. Lalu bagaimana seputar kopi dan ibu hamil ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Kopi seringkali menjadi minuman yang wajib dikonsumsi oleh sebagian orang. Kebiasaan minum kopi ini rupanya tidak hanya hadir bagi kaum pria, namun juga kaum perempuan. Perdebatan kemudian lahir ketika kebiasaan minum kopi ini dilakukan oleh ibu hamil. Ada banyak yang kemudian menanyakan seputar dampak kopi bagi ibu hamil. Banyak ahli sepakat jika sebaiknya asupan kopi dibatasi selama masa kehamilan. Pembatasan ini juga berlaku secara keras. Artinya baiknya setiap ibu hamil menghindari mengkonsumsi kopi atau melakukan pembatasan pada kopi yang dikonsumsinya. Pembatasan kopi ini utamanya berlaku bagi yang biasa meminum kopi dalam jumlah banyak. Pasalnya jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi dikhawatirkan mengganggu kesehatan janin.

Resiko Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi

Tadi telah dibahas jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi. Hanya saja tentu dengan batasan-batasan dan takaran tertentu. Perihal pembahasan takaran itu penting diperhatikan. Ini karena jika dikonsumsi secara berlebihan kopi akan membahayakan kesehatan janin. Ada beberapa resiko yang timbul dari konsumsi kopi yang berlebihan pada ibu hamil. Sebenarnya yang membahayakan pada janin adalah kandungan Kafein yang ada pada kopi. Lalu apa saja resiko yang hadir saat terlalu banyak melakukan konsumsi kopi? Beberapa resiko mengkonsumsi kopi akan dibahas lebih lengkap di sini. Inilah ulasan seputar resiko konsumsi kopi berlebihan pada ibu hamil.

1. Berpengaruh Pada Perkembangan Janin

Pada poin pembahasan sebelumnya telah dibahas jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil mengkonsumsi kopi. Saat ini saatnya membahas bagaimana resiko konsumsi kopi yang berlebihan pada ibu hamil. Perlu diketahui jika konsumsi kopi yang berlebihan dapat berpengaruh pada perkembangan janin. Ada banyak aspek dalam perkembangan janin yang dapat dipengaruhi kelebihan kopi. Aspek yang pertama adalah peningkatan lemak tubuh. Janin yang sering terpapar kopi memiliki kemungkinan besar memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibanding yang lainnya. Selain itu dampak negatif juga hadir dari perkembangan otak. Bahkan dikatakan jika secara umum kafein dapat mempengaruhi perkembangan janin. Bahkan juga memberikan resiko berat badan lahir rendah yang akan membahayakan janin.

2. Meningkatkan Resiko Leukimia

Pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi menjadi pertanyaan yang mungkin sering diajukan ketika masa kehamilan. Memang sudah dijelaskan jika konsumsi kopi diperbolehkan selama dalam batas aman. Artinya ada batasan tertentu yang harus diwaspadai para ibu hamil. Apalagi resiko konsumsi kopi yang berlebihan pun juga berbahaya bagi bagi. Salah satunya adalah meningkatkan resiko leukimia. Penyakit Leukimia atau yang sering dikenal dengan kanker darah  putih ternyata dapat meningkat jika selama masa kehamilan ibu berlebihan mengkonsumsi kopi. Tentu Leukimia bukan penyakit yang dapat diabaikan. Pasalnya ini salah satu penyakit yang cukup mengancam nyawa anak. Jadi jangan abaikan batas konsumsi kafein untuk mencegah hal ini terjadi ya.

3. Kecanduan Kafein Pada Bayi

Siapa sangka jika ternyata bayi juga dapat terkena kecanduan kafein? Adanya kecanduan kafein ini merupakan dampak dari konsumsi kafein yang berlebih selama masa kehamilan. Hal tersebut jika dibiarkan lebih lanjut akan berbahaya bagi bayi. Untuk itu pembatasan konsumsi kafein menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. sebelum kecanduan pada bayi menjadi kenyataan. Sebenarnya ada cara mengatasi kecanduan kafein pada bayi yang telah lahir. Namun, tentu itu semua tidak mudah untuk dilakukan. Pasti akan ada proses yang perlu dilalui guna menghilangkan kecanduan pada bayi. Tak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah kecanduan kafein pada bayi ini.

4. Anemia Pada Ibu Hamil

Masalah lain yang dapat muncul dari konsumsi kafein yang berlebihan saat masa kehamilan adalah masalah anemia. Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah ternyata dapat dialami ibu hamil yang mengkonsumsi kopi berlebihan. Meskipun memang adanya anemia pada ibu hamil menjadi salah satu hal yang diwajarkan, namun tentu berbeda dengan anemia akibat kelebihan kopi. Adanya anemia pada ibu hamil menyebabkan semakin tingginya resiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu juga harus dipahami jika adanya anemia pada ibu juga turut menyebabkan bayi mengalami anemia hingga kekurangan zat besi. Lebih lanjut ini dapat berpotensi memicu kematian pada bayi. Untuk itu hal ini harus dicegah atau segera di atasi untuk mencegah resiko lebih lanjut.

5. Dapat Menyebabkan Keguguran

Resiko lebih jauh dari dampak konsumsi kopi yang berlebihan adalah hadirnya keguguran pada ibu hamil. Kafein yang berlebihan dapat memiliki dampak yang bersar terhadap sel-sel bayi. Apalagi saat terkena kafein biasanya ibu akan terasa lebih gelisah. Ini kemudian akan memberikan dampak terhadap kondisi bayi. Pada tingkatan yang lebih lanjut, ini memicu adanya keguguran. Perhatikan takaran konsumsi kopi yang diperbolehkan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Tentu resiko keguguran ini cukup menakutkan bagi banyak ibu hamil. Untuk itu konsultasi dengan dokter serta pembatasan konsumsi kafein selama hamil harus dilakukan dengan baik. Semuanya guna menjaga agar bayi dalam kondisi sehat selama dalam kandungan hingga nanti saat proses melahirkan.

Takaran Dan Aturan Minum Kopi Untuk Ibu Hamil

Kita telah banyak membahas terkait dengan resiko yang harus dilalui saat ibu terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Ternyata ada banyak resiko yang dapat membahayakan baik pihak ibu maupun bayi. Namun, tentu hal tersebut wajib dapat dicegah dengan melakukan pembatasan konsumsi kopi. Kadar kafein yang menjadi ambang batas konsumsi untuk ibu hamil adalah 200 mg kafein dalam sehari. Selain itu ada aturan yang harus dipahami saat mengkonsumsi kopi. Inilah beberapa di antaranya.
  • Baiknya konsumsi kopi dikurangi sejak awal masa kehamilan.
  • Lebih baik jika konsumsi kopi diganti dengan konsumsi minuman lain yang menyehatkan.
  • Jangan lupa perhatikan takaran kadar kafein saat mengkonsumsi kopi (biasanya ada dalam kopi kemasan).
  • Lakukan konsultasi dengan dokter terkait hal ini untuk memperoleh informasi lebih lanjut.
  • Ingat jika kafein tidak hanya terdapat pada kopi, namun juga berbagai makanan lain jadi perhatikan terkait kadar kafein pada makanan lain ya.
Itulah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi jawaban dari pertanyaan, “bolehkah ibu hamil minum kopi?”. Memang konsumsi kopi diperbolehkan selama masa kehamilan. Hanya saja tentu semua harus dilakukan dalam batas tertentu. Ada batas kadar kafein yang harus dipatuhi oleh ibu hamil. Ini nantinya guna menjaga kondisi ibu dan bayi agar tetap sehat.